تطوير كتاب "الأمثلة التصريفية" في تدريس علم الصرف لترقية مهارة الكتابة بحث تطويري في مدرسة دار الهدى الثانوية الإسلامية ببوجانيغارا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Siti Nurul Aini (2018) تطوير كتاب "الأمثلة التصريفية" في تدريس علم الصرف لترقية مهارة الكتابة بحث تطويري في مدرسة دار الهدى الثانوية الإسلامية ببوجانيغارا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Nurul Aini Latifah _ F12616321.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: untuk menambah dan memperdalam pengetahuan siswa mengenai kaidah Shorof dan meningkatkan kemampuan menulis berbahasa Arab siswa. Adapun rumusan masalah yang perlu di jawab dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Desain dan pengembangan Bahan Ajar Sharaf dalam meningkatkan Kompetensi menulis siswa? 2. Bagaimana penerapan pembelajaran Shorof dengan menggunakan Bahan Ajar yang telah dikembangkan? 3. Bagaimana efektifitas bahan ajar yang telah dikembangkan terhadap kompetensi menulis siswa? Dalam hal ini peneliti menggunakan metode Research and Development dalam menjawab setiap rumusan masalah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1. Pengembangan bahan ajar dari kitab Amtsilah Attashrifiyah dimulai dari kegiatan observasi proses belajar mengajar Shorof pada siswa kelas X, kemudian peneliti mulai mengembangkan bahan ajar kemudian dilaksanakan validasi, dan ekperimen bahan ajar yang telah dikembangkan dan divalidasi muai dilaksanakan untuk mengetahui efektivitasya. Bahan Ajar dari Amtsilah Attashrifiyah dikembangkan dalam bentuk penyajian materi, contoh-contoh dan latihan soal pada setiap bab. Pada bab pertama peneliti menambahkan pembahasan mengenai shighat dan pengetahuan mendasar tentang Shorof. 2. Eksperimen di dalam kelas dilaksanakan pada tanggal 3 April 2018 sampai 5 Mei 2018 ditutup dengan pelaksanaan pos test. Adapun inti dari kegiatan pembelajaran adalah dengan diawali salam, guru menyampaikan materi dan contoh penerapannya, siswa membaca kembali materi yang telah diajarkan bersama-sama, kemudian siswa melatih pemahamannya dengan mengerjakan soal-soal latihan dan pada pertemuan yang akan datang siswa menghafalkan materi yang telah diajarkan. 3. Bahan ajar yang dikembangkan dari Amtsilah Attashrifiyah sangat efektif digunakakan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kaidah Shorof dan meningkatkan kompetensi menulis siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan rumus t test. Adapun hasilnya t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu t-hitung (21,18) > t-tabel (2,75).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Siti Nurul AiniAynialf2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Ilmu Sharaf; Kompetensi Menulis
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Latifah Siti Nurul Aini
Date Deposited: 31 Jul 2018 07:50
Last Modified: 17 Jun 2019 05:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25776

Actions (login required)

View Item View Item