إعداد المواد التعليمية لتنمية مهارة القراءة لطلاب المستوى المتوسط: البحث والتطوير في المعهد دار الفكر كفوهبارو بوجونكورو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnomo, Eko (2018) إعداد المواد التعليمية لتنمية مهارة القراءة لطلاب المستوى المتوسط: البحث والتطوير في المعهد دار الفكر كفوهبارو بوجونكورو. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Eko Purnomo_F02616128.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di Pesantren Darul Fikri Kepohbaru Bojonegoro, kurang memperhatikan aspek kemampuan membaca santri. Padahal Aspek membaca merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran bahasa. Dalam pembelajaran bahasa Arab, guru juga harus menitikberatkan pengajarannya dalam pengembangan kompetensi membaca santri selain kemampuan berbicara dan menulis, agar bahasa yang sudah diserap oleh santri bisa digunakan dalam membaca buku-buku dan kitab-kitab. Tidak adanya materi pembelajaran khusus maha>rah qiro>ah, merupakan penyebab banyak santri tidak dapat membaca dengan baik. Oleh karena itu, penyususunan materi ajar khusus maha>rah qiro>ah yang disesuaikan dengan tema-tema santri dianggap sebagai solusi alternatif untuk meningkatkan kemampuan membaca santri. Peneliti telah melakukan observasi terlebih dahulu sebelum melakukan penyusunan materi pembelajaran di Pesantren Darul Fikri Kepohbaru Bojonegoro. Setelah mendapat data yang diperlukan, mulailah peneliti mengembangkan materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan santri Pesantren Darul Fikri. Dan mengukur efektifitas pengembangan materi ajar yang telah tersusun sehingga menjadi materi ajar yang efektif dan bermanfaat untuk santri Pesantren Darul Fikri Kepohbaru Bojonegoro. Untuk tujuan ini, peneliti melakukan penelitian mengguanaan research method and development (R & D). penelitian ini menggunakan instrument tes, quisioer dan interview. Setelah peneliti mendesain materi, peneliti melakukan ujicoba, analisis data sampai menemukan kesimulan sebagai berikut: 1) prodak materi ajar sangat cook digunakan dalam pembelajaran sebab mempunyai hasil uji yang signifikan yakni 86,15% 2) penerapan yang telah dilakukan di Pesantren Darul Fikri Kepohbaru Bojonegoro memberi hasil yang sangat memuaskan yakni adanya pengaruh terhadap kemampuan membaca siswa 3) bahan ajar yang telah disusun evektif terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa hal ini didasaran atas hasil uji pretest dan posttes yakni peningkatan sebesar 9,8 pretest 68,4 posttes 78,2, keefektivisan ini didukung juga terhadap hasil wawancara dan hasil quisioner siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnomo, Ekoalbadru992@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Materi Pembelajaran; kompetensi membaca; penyusunan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Purnomo Eko
Date Deposited: 02 Aug 2018 04:06
Last Modified: 02 Aug 2018 04:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25768

Actions (login required)

View Item View Item