Strategi marketing produk simpanan KSPPS BMT Permata dan implikasinya terhadap peningkatan kepuasan pelanggan: studi kasus di KSPPS BMT Permata Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maisuroh, Qothrinnada (2018) Strategi marketing produk simpanan KSPPS BMT Permata dan implikasinya terhadap peningkatan kepuasan pelanggan: studi kasus di KSPPS BMT Permata Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Qothrinnada Maisuroh_G04214028.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi marketing yang digunakan KSPPS BMT Permata dalam mempromosikan produk simpanan, implikasi strategi tersebut terhadap peningkatan kepuasan pelanggan dan hambatan tantangan yang dihadapi selama strategi dijalankan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada pengelola, anggota, nasabah, dan observasi kegiatan marketing sehari-sehari di KSPPS BMT Permata. Teknik analisis menggunakan field research yang disertai dengan bauran pemasaran. Sumber data yang digunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KSPPS BMT Permata melakukan pemasaran dengan 4P komponen bauran pemasaran yang terdiri dari product, place, price dan promotion yaitu: Strategi Produk dengan membuat nama merek lembaga. Strategi Harga dengan tidak dipungut biaya pembukaan rekening awal setiap produk. Strategi Tempat dalam upaya melayani nasabah tepat waktu, karywan melakukan antar jemput tabungan ke sekolah-sekolah yang bekerjasama. Strategi promosi dengan cara periklanan, open table, mouth to mouth, layanan ATM. Implikasi dari strategi marketing yang dijalankan menjadikan para pelanggan puas akan pelayanan dan produk yang ditawarkan oleh lembaga KSPPS BMT Permata. Adanya bantuan sponsorship dan hadiah untuk anak-anak yang rajin menabung sangat membantu para guru dan orang tua murid. Adapun hambatan dan tantangan KSPPS BMT Permata dalam melakukan promosi yaitu kendala dan tantangan di bidang operasional promosi online dan layanan ATM, bidang pemasaran produk dan bidang Sumber Daya Manusia. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka kepada pengelola KSPPS BMT Permata agar melakukan upaya penggunaan promosi online dan perekrutan SDM baru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maisuroh, Qothrinnadaqothrina1331@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Strategi
Pemasaran
Keywords: Bauran Pemasaran; Strategi Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Maisuroh Qothrinnada
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:19
Last Modified: 01 Aug 2018 03:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25767

Actions (login required)

View Item View Item