Kontribusi Majelis Shalawat Al Wasilaa dalam merubah kepribadian pemuda di Desa Dukuh Mencek Sukorambi Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Ummu (2018) Kontribusi Majelis Shalawat Al Wasilaa dalam merubah kepribadian pemuda di Desa Dukuh Mencek Sukorambi Jember. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummu Faizah_F5216020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: (1) Bagaimana Kegiatan Pemuda di Majelis Shalawat Al-Wasilaa Di Desa Dukuh Mencek Jember? (2) Bagaimana Kepribadian Pemuda Desa Dukuhmencek Sebelum Behubungan dengan Majelis Shalawat Al-Wasilaa? (3) Bagaimana Kontribusi Majelis Shalawat Al-Wasilaa Dalam Merubah Kepribadian Pemuda Di Desa Dukuh Mencek Sukorambi Jember? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data pengamatan dan wawancara. Metode ini dipilih agar data penelitian bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai perubahan kepribadian pemuda dalam mengikuti kegiatan Shalawat Al-Wasilaa di Desa Dukuh Mencek Sukorambi Jember. Data yang diperoleh kemudian disajikan secara deskriptif menggunakan teori peran Biddle dan Thomas .Data dianalisis menggunakan analisis Miles and Huberman. Dalam analisis data Miles and Huberman, aktivitas dalam penelitian kualitatif dilakukan secara interaktif dan terus menerus sampai data yang didapat jenuh. Aktivitas dalam analisis data tersebut yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verivication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kondisi kepribadian pemuda di Desa Dukuh Mencek Sukorambi Jember sebelum mengenal majelis Shalawat al-Wasilaa mengalami degradasi moral, terlena dengan kesenangan dan lupa akan tanggung jawab sebagai seorang pemuda. Adanya kegiatan shalawat al-wasilaa memberikan dampak yang sangat baik untuk perubahan kepribadian pemuda dari sikap dan perilakunya. Hal tersebut sesuai dengan tujuan majelis shalawat al-wasilaa yaitu membentuk generasi muda yang kreatif, bersolidaritas tinggi, berakhlak mulia dan bertaqwa. Selain itu kegiatan ini juga mengubah pola fikir pemuda tentang sikap atau perilaku mereka yang baik dari hasil meneladani Nabi Muhammad Saw.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Ummuisminayla22@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepribadian
Uncontrolled Keywords: Kontribusi; Pemuda; Shalawat
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Faizah Ummu
Date Deposited: 01 Aug 2018 04:49
Last Modified: 01 Aug 2018 04:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25765

Actions (login required)

View Item View Item