Hubungan program kursus al-Qur'an dengan kepuasan peserta kursus di masjid al-Falah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yasinta, Yasinta (2018) Hubungan program kursus al-Qur'an dengan kepuasan peserta kursus di masjid al-Falah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yasinta D73214056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program kursus Al-Qur’an dan kepuasan peserta kursus di masjid Al-Falah Surabaya, serta dapat mengetahui hubungan program kursus Al-Qur’an dengan kepuasan peserta kursus di masjid Al-Falah Surabaya. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Waktu penelitian ini dimulai pada tanggal 19 April 2018, sampai terselesainya laporan penelitian ini yaitu tanggal 30 Mei 2018. Sampel penelitian adalah peserta kursus Al-Falah Surabaya yang berjumlah 143 dan populasi yang berjumlah 3781 peserta. Untuk sampel dengan menggunakan teknik Simpel Random Sampling, di mana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Teknik dalam analisis data yang digunakan dalam peneitian ini adalah analisis korelasi Product Moment. Dari pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan korelasi statical package for social science (SPSS) Product Moment for windows versi 16 diketahui jumlah item pertanyaan sebanyak 17 dengan nilai rata-rata (mean) 4,028 dan standart deviasi sebesar .83027 merujuk pada kategori skor penilaian program kursus Al-Qur’an di masjid Al-Falah Surabaya tergolong sangat baik. Kepuasan peserta kursus tergolong sangat baik diketahui jumlah item pertanyaan sebanyak 20 dengan nilai rata-rata (mean) 4.258 dan standart deviasi sebesar .6133. Dari pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan korelasi statictical package for social science (SPSS) Product Moment for windows versi 16 diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara variabel program kursus Al-Qur’an dengan variabel kepuasan peserta kursus. Hasil hitung korelasi Product Moment 0,105 lebih besar dari pada rt, baik pada taraf kesalah 1% dengan nilai 0,214 maupun 5% dengan nilai 0,105. Adapun hubungan yang ditimbulkan adalah tergolong tinggi/kuat, hal ini berdasarkan “rxy “ dengan nilai0,105 yang terletak antara 0,80-1,000 yang mana termasuk ke dalam kategori sangat kuat/tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yasinta, Yasintayasinta100@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Belajar
Pendidikan
Keywords: Program kursus Al-Qur’an ; Kepuasan Peserta Kursus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yasinta Yasinta
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:55
Last Modified: 31 Jul 2018 06:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25764

Actions (login required)

View Item View Item