Wisata religi dan pemuda di makam KH. Muhammad Kholil Bangkalan (2011-2017): studi sosial ekonomi di makam KH. Muhammad Kholil Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A.R, Roudhotul Jannah (2018) Wisata religi dan pemuda di makam KH. Muhammad Kholil Bangkalan (2011-2017): studi sosial ekonomi di makam KH. Muhammad Kholil Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roudhotul Jannah A.R_F52916018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian yang dilakukan di kawasan wisata religi KH. Muhammad Kholil Bangkalan. ada tiga rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini. (1) Bagaimana perhatian pemerintah terhadap makam KH. Muhammad Kholil sebagai tempat wisata religi?, (2) Bagaimana sambutan pemuda di sekitar makam KH. Muhammad Kholil sebagai tempat wisata religi?, dan (3) Bagaimana taraf hidup pemuda sebelum dan sesudah makam KH. Muhammad Kholil itu ditetapkan sebagai tempat wisata religi?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data pengamatan dan wawancara. Metode ini dipilih agar data penelitian bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai relasi antara wisata religi dan pemuda yang berwirausaha di sekitar makam KH. Muhammad Kholil Bangkalan. Data yang diperoleh kemudian disajikan secara deskriptif menggunakan teori sosial ekonomi Max Weber. Data dianalisis menggunakan analisis Miles and Huberman. Dalam analisis data Miles and Huberman, aktivitas dalam penelitian kualitatif dilakukan secara interaktif dan terus menerus sampai data yang didapat jenuh. Aktivitas dalam analisis data tersebut yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verivication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, bentuk perhatian pemerintah kabupaten bangkalan terhadap wisata religi KH. Muhammad Kholil Bangkalan melalui bantuan dana sebesar 500 juta dan bantuan keamanan area parkir. Sedangkan pemerintah desa juga turut andil dalam bantuan petugas parkir dan penataan kios pedagang. Pemerintah Pusat berupaya dalam pengembangan wisata syariah. Pemerintah Bangkalan menanggapi upaya tersebut dengan mengusulkan beralih ke pariwisata syariah dimana wisata religi juga termasuk di dalamnya diharapkan membantu pengembangan ekonomi. Sambutan pemuda berupa peralihan profesi sebagai wirausaha yang semakin meningkat tiap tahunnya dimana dari berwirausaha tersebut, para pemuda mendapatkan penghasilan dan gaya hidup yang lebih daripada sebelumnya. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada beberapa pihak, yakni Pemerintah Kabupaten melelui Dinas Pariwisata dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk lebih memperhatikan objek Wisata Religi dan pengadaan pelatihan kewirausahaan. Bagi masyarakat terkhusus para pemuda bersama masyarakat dan keturunan KH. Muhammad Kholil sendiri bekerja sama dalam memproduksi produk sendiri dengan kreasi sendiri dan bercirikhaskan Wisata Religi KH. Muhammad Kholil. Hal tersebut juga akan meningkatkan kegiatan ekonomi pemuda dan akan lebih mengenalkan wisata religi ini pada semua elemen masyarakat. Bagi keturunan KH. Muhammad Kholil Bangkalan diharapkan berkomunikasi dengan seluruh elemen yang ada di Bangkalan, mulai dari Pemerintah sampai masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A.R, Roudhotul Jannahroudhotul.jannah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemuda Islam
Sosiologi
Ziarah Kubur
Uncontrolled Keywords: Wisata Religi; Pemuda; Sosiologi Ekonomi
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Jannah A.R Roudhotul
Date Deposited: 01 Aug 2018 04:49
Last Modified: 01 Aug 2018 04:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25763

Actions (login required)

View Item View Item