Kritik ideologi interpretasi GWJ Drewes (1899-1991) atas serat Bonang dalam The admonitions of Seh Bari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Nur (2018) Kritik ideologi interpretasi GWJ Drewes (1899-1991) atas serat Bonang dalam The admonitions of Seh Bari. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Hidayati_F02916195.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Serat Bonang adalah sebuah manuskrip Jawa Kuno yang dinisbatkan kepada Sunan Bonang. Kitab yang dianggap sebagai bukti paling autentik dari kitab karya para wali di Jawa ini ditemukan di pesisir Tuban oleh armada Belanda yang berlayar pertama kali di kepulauan Nusantara pada 1597. Naskah tersebut kemudian dibawa ke Belanda dan disimpan di perpustakaan universitas Leiden, Belanda.Pada 1916, naskah ini pertama kali dipublikasikan oleh Betram Johannes Otto (BJO) Schrieke sebagai disertasi doktoralnya yang berjudul Het Boek van Bonang (Buku Bonang). Pada 1969 Drewes melakukan kajian ulang atas kitab ini dalam karya berjudul The Admonitions of Seh Bari. Dalam karya tersebut, Drewes mengklaim bahwa manuskrip yang selama ini disandarkan kepada Sunan Bonang tersebut bukanlah karangan Sunan Bonang. Terlepas dari nama besar Drewes sebagai ilmuwan yang telah melahirkan puluhan buku dan artikel tentang studi Indonesia, sejumlah sejarawan tanah air, tetap mengaitkan manuskrip ini sebagai kitab Sunan Bonang, dan mengabaikan keberatan Drewes.Penelitian ini dimaksudkan untuk membongkar kajian Drewes yang kontroversial melalui Kritik Ideologi Habermas melalui empat tahapan; deskripsi, analisis sebab, refleksi dan evaluasi. Berdasarkan kajian yang dilakukan penulis, ditemukan bahwa Drewes melakukan studi filologi terhadap kitab ini dengan metode yang disebut analisis komparatif. meski metode ini memiliki akar yang jelas dari para sosiolog, Drewes tidak mengikuti prosedur yang sistematis dalam mengaplikasikan metode dan mengambil referensi secara sepihak untuk menguatkan gagasannya sekaligus menjatuhkan pendapat yang dianggapnya keliru. Latar belakang sosial dan pendidikan Drewes sangat mempengaruhi bentuk dan gagasan dalam karya-karya GWJ Drewes. Subyektivitas Drewes terkait pandangannya yang anti pada cara-cara konvensional dalam penafsiran teks sejarah menjadikan respon Drewes pada disertasi Schrieke yang mengklaim bahwa kitab ini karya Sunan Bonang seolah konvensional karena mengaitkan kitab dengan nama Sunan Bonang yang legendaris dan diliputi banyak mitos.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Nurnurhieday@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ideologi Islam
Pemikiran
Keywords: Kritik Ideologi; GWJ Drewes; serat Bonang; The admoitions of Seh Bari
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Hidayati Nur
Date Deposited: 31 Jul 2018 07:11
Last Modified: 31 Jul 2018 07:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25760

Actions (login required)

View Item View Item