Konstruksi khutbah toleransi beragama para khatib masjid Perguruan Tinggi Negeri Surabaya: Masjid Manarul Ilmi ITS dan Masjid Ulul Albab UINSA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Muhammad Fathurahman (2018) Konstruksi khutbah toleransi beragama para khatib masjid Perguruan Tinggi Negeri Surabaya: Masjid Manarul Ilmi ITS dan Masjid Ulul Albab UINSA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fathurahman Hakim_F527161.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dr Ir Muhammad faqih MSA adalah khatib khutbah Jumat di masjid manarul ilmi Institut tenologi sepuluh Nopember. H Abdul Hakim, MEI adalah khatib khutbah Jumat di masjid ulul albab universitas islam negri sunan ampel Surabaya. Masalah yang di teliti dalam tesis ini adalah bagaimana para khatib megkontruksi khutbah toleransi beragama, apa yang menjadi dasar pijak kontruksi khutbah toleranssi beragama para khatib. Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti mengunakan analisa deskriptif kualitatif, dalam analisa yang di lakukan dengan Dr Ir Muhammad faqih MSA dan H Abdul Hakim, MEI dengan mengunakan pendekatan fenomenologi, sedangkan teori yang digunakan adalah teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luchmann. Hasil peneltian ini adalah Dr Ir Muhammad Faqih MSA bisa di katagorikan sebagai kontruksi khutbah yang toleransi dibandingkan H Abdul Hakim, MEI. Dilihat dari latar belakang kehidupan dan pendidikan, pergaulan, pola pikir, karakter, motivasi, buku yang di pakai, sumber materi khutbah, umur dan pengalaman hidup dasar pijakan Dr Ir Muhammad Faqih MSA lebih toleransi karena pengalaman hidup yang lebih luas serta umur beliau yang lebih tua dari H Abdul Hakim, MEI dan juga banyaknya membaca kitab-kitab, buku keislaman dan tafsir sedangkan H Abdul Hakim, MEI di katagorikan kurang toleransi karena bila di bandingkan dengan Dr. Muhammad Faqih, MSA. Abdul Hakim, MEI kurangnya membaca kitab-kitab dan lebih cenderung mengunakan media modern melalui smartphone sehingga menghasilkan isi khutbah yang mengatas namakan lembaga tertentu yang beritanya tersebar di media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Muhammad Fathurahmanfathurahmanhakim94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Komunikasi Islam
Uncontrolled Keywords: Konstruksi khutbah; masjid
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hakim Muhammad Fathurahman
Date Deposited: 31 Jul 2018 07:02
Last Modified: 31 Jul 2018 07:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25751

Actions (login required)

View Item View Item