Kepemimpinan Kiai di Pondok Pesantren Mahasiswa Al Jihad Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadlilah, Masrurotul (2018) Kepemimpinan Kiai di Pondok Pesantren Mahasiswa Al Jihad Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Masrurotul Fadlilah_D93214078.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan KH. Moch. Imam Chambali dalam mengelola Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihad Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode riset lapangan (field research) yaitu metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif interpretative, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penyelenggaraan pendidikan di Pondok Pesantren Al-Jihad yang berbentuk asrama merupakan komunitas tersendiri di bawah kepemimpinan KH. Moch. Imam. Chambali. Bentuk kepemimpinannya fleksibel, dengan menggunakan pola kepemimpinan demokratis yang berakar pada karismatik. Kepemimpinan demokratis KH. Imam Chambali terlihat dalam memutuskan segala sesuatu yang berkaitan dengan pengelolaan kegiatan pondok pesantren Al-Jihad diputuskan dengan musyawarah, hal ini terwujud dengan adanya rapat besar Yayasan sebagai bentuk kepemimpinan beliau yang demokratis. Kiai sebagai pemimpin sekaligus pengasuh, dalam mengelola pondok pesantren berdasarkan atas kesepakatan bersama anggota lain dalam struktur kepemimpinan. Hal ini dapat dilihat pada berbagai program yang telah diselenggarakan, seperti halnya peningkatan kualitas sumber daya yang dimiliki, peningkatan hasil usaha sendiri, pengembangan gedung-gedung dan fasilitas pondok pesantren yang lain, pengembangan pemantapan kurikulum, program studi yang bermacam-macam dan sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan kepemimpinan KH. Moch. Imam Chambali dalam mengelola Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihad Surabaya, dapat menjadi panutan bagi para pengelola lembaga pendidikan, terutama dalam peningkatan efektifitas dan efisiensi kerja atau saat melaksanakan proses dalam pendidikan. Sehingga dapat menghasilkan tujuan yang ingin dicapai semaksimal mungkin sesuai dengan idealisasi dalam pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadlilah, Masrurotulmasrurotul.fadlilah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Kepemimpinan
Keywords: Kepemimpinan Kiai; Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fadlilah Masrurotul
Date Deposited: 31 Jul 2018 04:38
Last Modified: 31 Jul 2018 04:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25749

Actions (login required)

View Item View Item