Analisis branding dalam upaya pengembangan destinasi wisata religi Sunan Drajat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Masruroh (2018) Analisis branding dalam upaya pengembangan destinasi wisata religi Sunan Drajat. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masruroh_F12416275.pdf

Download (5MB)

Abstract

Wisata religi Sunan Drajat adalah salah satu icon kota Lamongan, sebagai wisata yang memiliki kontribusi terhadap perekonomian daerah. Berdasarkan sejarah,wisata religi Sunan Drajattelah disebutkan di beberapa buku sejarah, yang tentunya kebanyakan orang-orang mengetahui wisata tersebut. Akan tetapi masih perlu adanya strategi untuk meningkatkan daya tarik wisatawan, salah satu strategi pengembangan destinasi wisata adalah dengan branding. Karena wisata merupakan sebuah tempat sejarah dan budaya, maka branding fokus pada citra atau image dari wisata tersebut, dan tentunya akan melibatkan para stakeholder dalam hal ini yaitu internalstakeholder yang meliputi pemerintah Daerah, pihak pengelola atau yayasandan externalstakeholder (wisatawan).Dengan demikian, peneliti ingin mengetahui persepsi external stakeholder (wisatawan) terhadap kualitas dan icon branding wisata religi Sunan Drajat, brand strategy yang dilakukan internal stakeholder, serta pengembangan destinasi wisata religi Sunan Drajat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggambarkan persepsi external stakeholder dan internal stakeholder terhadap destinasi wisata religi Sunan Drajat yang diperoleh dari hasil wawancara, dan keabsahan data yang digunakan peneliti adalah triangulasi data (menggabungkan metode wawancara, observasi dan dokumentasi). Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data. Hasil penelitian ini adalah:Pertama, persepsi external stakeholder (wisatawan)terhadap branding destinasiwisata religi Sunan Drajat meliputi kualitas dan icon destinasi wisata religi Sunan Drajat persepsi wisatawan yaitu makam Sunan Drajat, museum, langgar gantung, dan wisata religi yang memiliki tempat luas dengan dikelilingi pohon sawo. Kedua, brand strategy yang dilakukan internal stakeholder terhadap destinasi wisata religi Sunan Drajat adalah langkah awal dengan cara penentuan brand positioning, penentuan brand personality, penentuan brand identity wisata religi Sunan Drajat. Ketiga, pengembangan destinasi wisata religi Sunan Drajat yang dilakukan oleh internal stakeholder yaitu memperhatikan revitalisasi bagi wisata Sunan Drajat melalui penambahan amenitas, dan pengembangan terhadap produk yaitu dengan menambah fasilitas tempat istirahat, Pengelolaan lahan dengan menanam banyak pohon sawo untuk konsumsi gratis pengunjung, diversifikasi wisata seperti pengembangan di kegiatan festival, dan pengembangan tema wisata religi Sunan Drajat sebagai strategi pendukung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Masrurohad.masruroh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Pariwisata
Keywords: Analisis branding; destinasi wisata religi; Sunan Drajat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Masruroh Masruroh
Date Deposited: 02 Aug 2018 04:37
Last Modified: 02 Aug 2018 04:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25725

Actions (login required)

View Item View Item