Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam mencegah perilaku bullying: studi kasus MTs Darul Ulum Waru dan SMPN 4 Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al fitriyah, Qurrotu A'yuni (2018) Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam mencegah perilaku bullying: studi kasus MTs Darul Ulum Waru dan SMPN 4 Waru. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Qurrotu A'yuni Alfitriyah_F12316253.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bullying adalah perilaku sosial yang berdampak signifikan pada kehidupan seseorang, karena akan menggangu perkembangan psikologi korbannya. Seeorang yang melakukan bullying kemungkinan besar juga sekedar mengulangi apa yang pernah dia liat maupun dia alami. Begitulah bullying akan menjadi mata rantai yang tak akan berhenti. Meski bukan hal baru, bullying tetaplah sebagai suatu persoalan yang perlu dicegah. Dalam penelitian ini penulis membuat 2 rumusan masalah yaitu: 1) bagaimana strategi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di MTs Darul Ulum Waru dan SMPN 4 Waru 2) bagaimana pencegahan perilaku bullying di MTs Darul Ulum Waru dan SMPN 4 Waru. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif-studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer atau data yang berasal dari jawaban ketika wawancara dan data sekunder atau data lain yang berhubungan dengan penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) strategi internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di MTs Darul Ulum Waru dan SMPN 4 Waru dilakukan melalui beberapa strategi seperti strategi keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat, kedisiplinan dan strategi pengambilan pelajaran. 2) pencegahan perilaku bullying di MTs Darul Ulum Waru adalah memberikan hukuman-hukuman apabila melakukan perilaku bullying. Seperti hukuman diberi safecare atau lipstik, hukuman menulis surat Yasin dan hukuman pelayanan sekolah. Sedangkan pencegahan bullying di SMPN 4 Waru adalah ketika masa perkenalan lingkungan sekolah (MPLS) siswa diberikan pengertian bahwa di SMPN 4 waru merupakan salah satu sekolah yang menerima siswa inklusi. Siswa diberi pengertian tentang inklusi dan cara bergaul dengan teman yang inklusi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al fitriyah, Qurrotu A'yuniayuniafitriyah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Kenakalan Anak dan Remaja
Masalah sosial
Pendidikan Islam
Keywords: Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam; perilaku bullying
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfitriyah Qurrotu A'yuni
Date Deposited: 31 Jul 2018 04:54
Last Modified: 31 Jul 2018 04:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25714

Actions (login required)

View Item View Item