Masjid: kajian historis perubahan masyarakat pasca perang Jawa di Magetan tahun 1835-1850

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhadi, Nurhadi (2018) Masjid: kajian historis perubahan masyarakat pasca perang Jawa di Magetan tahun 1835-1850. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurhadi_F52916196.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berusaha mengungkap masalah yang berkaitan dengan perubahan masyarakat yang terjadi pasca Perang Jawa dalam kaitannya dengan masjid-masjid laskar Perang Jawa yang bereksodus ke Magetan pada tahun-tahun tersebut. Dalam tesis ini menjawab tiga rumusan masalah, yaitu: 1. Bagaimana kondisi Perang Jawa di wilayah Mancanegara Timur Yogyakarta; 2. Bagaimana eksodus pengikut Pangeran Diponegoro ke wilayah Magetan dan; 3. Apa peran masjid pengikut Pangeran Diponegoro dalam perubahan masyarakat pasca Perang Jawa di Magetan tahun 1835-1850. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, kami menggunakan metode penelitian sejarah dengan pendekatan Sosiologi dan Antropologi. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori yang dikemukakan Kotler yang menyatakan bahwa unsur-unsur yang berperan dalam perubahan sosial antara lain: causes, change agency, change target, chanel dan change strategi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, pertama, bahwa Perang Jawa dan pengaruh Belanda telah masuk ke wilayah Mancanegara Timur Yogyakarta sejak awal perang. Kedua, Magetan dan wilayah-wilayah timur Yogyakarta khususnya di timur Gunung Lawu menjadi wilayah yang dianggap mendukung pelarian laskar Diponegoro pasca perang usai, sekaligus untuk melanjutkan perjungan berbasis pembangunan masyarakat berbasis masjid. Ketiga, Masjid sebagai media untuk dapat terjadinya perubahan dengan cepat sesuai tujuan, dan dengan sarana budaya lokal dengan budaya yang telah mapan di keraton sebagai strategi agar diterimanya perubahan dengan mudah oleh masyarakat sasaran perubahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhadi, Nurhadidandoeng.nurhadi@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Masjid
Uncontrolled Keywords: Masjid; perubahan sosial; perang Jawa
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Nurhadi Nurhadi
Date Deposited: 31 Jul 2018 03:27
Last Modified: 31 Jul 2018 03:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25711

Actions (login required)

View Item View Item