Eksekusi putusan di Pengadilan Agama Nganjuk no.917/Pdt.G/2007/PA Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Ika Intan Kurnia (2009) Eksekusi putusan di Pengadilan Agama Nganjuk no.917/Pdt.G/2007/PA Nganjuk. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ika Intan Kurnia Sari_C01304101.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian dokumenter di Pengadilan Agama Nganjuk. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah proses eksekusi putusan di Pengadilan Agama Nganjuk serta analisis hukum acara peradilan agama terhadap eksekusi putusan di Pengadilan Agama Nganjuk. Guna menjawab permasalahan di atas, maka penelitian yang dilakukan di sini menggunakan metode "deskriptif analisis" yaitu menguraikan putusan-putusan hakim tentang eksekusi putusan atas hak pemeliharaan anak secm:a sistematis. Cennat dan faktual dengan pola pikir deduktif yaitu mengemukakan teori-teotj yang bersifat umum kemudian dilakukan analisis terhadap data tentang eksekusi • putusan untuk memperoleh suatu kesimpulan yang khusus. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pelaksanaan eksekusi di Pengadilan Agama Nganjuk telah sesuai dengan aturan yang berlaku namun pelaksanaan eksekusi tidak dapat dilaksanakan karena obyek yang akan di eksekusi tidak berada di tempat waktu pelaksanaan eksekusi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kegagalan pelaksanaan eksekusi yang dialami Pengadilan Agama Nganjuk dikarenakan di dalam Undang-undang Hukum Acara Eksekusi tidak ada pembahasan secara khusus tentang pelaksanaan eksekusi anak karena tidak bisa dilakukan sita jaminan dan anak bukan barang mati sehingga dapat dibawa pergi. Oleh karena itu disarankan kepada suami istri yang akan melakukan perceraian dan telah mempunyai anak agar merawat dan mengurus mereka secara kekeluargaan karena dalam perceraian anak yang dirugikan yang berakibat terhadap mental dan jasmani anak menjadi terganggu padahal anak merupakan penyejuk jiwa bagi kedua orang tuanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Ika Intan KurniaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Peradilan Agama Islam
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Eksekusi putusan Pengadilan Agama Nganjuk no. 917
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:48
Last Modified: 30 Jul 2018 07:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25693

Actions (login required)

View Item View Item