Eksistensi sanggar Sareyang dalam pengembangan etika berkomunikasi pemuda muslim: studi fenomenologis terhadap pemuda muslim di pulau Giliyang Sumenep Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hodariyah, Hodariyah (2018) Eksistensi sanggar Sareyang dalam pengembangan etika berkomunikasi pemuda muslim: studi fenomenologis terhadap pemuda muslim di pulau Giliyang Sumenep Madura. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hodariyah_F52916008.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sastra bukan hanya tentang keindahan kata-kata dan kemampuan menyampaikan berbagai hal secara estetik. Lebih dari itu, sastra secara aksiologis bermakna dalam ruang kehidupan masyarakat. Karena itu, tesis ini berusaha melakukan pembacaan fenomenologis terhadap pembelajaran sastra yang ada di sanggar Sareyang Pulau Giliyang Kec. Dungkek Kab. Sumenep Madura kaitannya dengan pembentukan karakter berupa etika berkomunikasi pemuda Muslim yang ada di sana. Pembacaan fenomenologis ini menghadirkan temuan lapangan berupa tiga hal; pertama, sastra melatih empati. Sastra dengan kemampuannya menggambarkan sesuatu secara komprehensif dan menyentuh emosi, dapat menghadirkan rasa empati. Kedua,sastra mengajarkan etika. Setiap karya sastra membawa pesan moral. Pesan itu hendak dijadikan pijakan hidup. Ketiga, sastra menjejakkan kesantunan. Aspek estetika dalam sastra memiliki poin yang sangat penting. Karenya, kesantunan dalam melakukan interaksi sosial dengan orang lain, merupakan sesautu yang secara subtantif dikehendaki oleh sastra. Ketiga hal di atas, secara praksis menbentuk etika berkomunikasi pemuda Muslim Giliyang, yang dapat dilihat dalam pola komunikasi dengan orang tua, guru, teman dan masyarakat secara umum. Jejak empati, etika, dan kesantunan dalam sastra mempengaruhi etika pemuda Muslim pada saat melakukan interaksi sosial dalam kehidupan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hodariyah, Hodariyahhodariyatus.sofia@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Etika
Sastra
Keywords: Sanggar Sareyang; etika berkomunikasi; pemuda muslim
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Hodariyah Hodariyah
Date Deposited: 30 Jul 2018 08:37
Last Modified: 30 Jul 2018 08:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25691

Actions (login required)

View Item View Item