Implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan guru profesional (Studi kasus di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indrianingsih, Iin (2018) Implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan guru profesional (Studi kasus di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
IIN INDRIANINGSIH_D73214039.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Guru Profesional (Studi Kasus Smp Al-Falah Deltasari Sidoarjo). Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai supervisi klinis yang berada di SMP Al-Falah Deltasari, profesionalitas Guru SMP Al-Falah Deltasari, dan Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Guru Profesional di SMP Al-Falah Deltasari. Pendekaatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti mendalami fenomena-fenomena yang terjadi dilapangan, kemudian menggambarkan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa dalam Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Guru Profesional (Studi Kasus SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo) sudah menunjukkan hasil yang baik. Meskipun terdapat beberapa kekurangan. Supervisi klinis di SMP Al-Falah lebih tergantung kepada kesiapan guru. Supervisor yang mensupervisi guru adalah guru tertentu dalam bidang studi masing-masing. supervisi klinis yang ada di SMP Al-Falah ini mempunyai beberapa tahapan diantaranya, persiapan awal, pertemuan awal, observasi kelas dan pertemuan balikan. Guru Di SMP Al-Falah sudah memenuhi standar guru profesional yang sudah memenuhi empat kompetensi diantaranya kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Dalam meningkatkan kompetensi tersebut khususnya bagi guru baru di SMP Al-Falah salah satunya yaitu melalui supervisi klinis. Peningkatan yang dirasakan oleh guru yang sudah melakukan supervisi klinis adalah meningkatnya kompetensi profesional guru, yang dapat dilihat dari metode yang digunakan sangat bervariatif, mampu mengelola kelas dengan baik, mampu mengenal dan memahami karakter masing-masing peserta didik dengan baik dan mampu membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indrianingsih, Iiniindrianingsh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Supervisi Klinis; Guru Profesional
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indrianingsih Iin
Date Deposited: 31 Jul 2018 07:34
Last Modified: 31 Jul 2018 07:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25687

Actions (login required)

View Item View Item