Pengelolaan perencanaan dan pengorganisasian public relations dalam meningkatkan kepuasan stakeholders di SMP al- Hikmah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, M. Nurul (2018) Pengelolaan perencanaan dan pengorganisasian public relations dalam meningkatkan kepuasan stakeholders di SMP al- Hikmah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Nurul Huda_D03214009.pdf

Download (825kB)

Abstract

Pengelolaan public relation adalah suatu hal yang sangat penting yang harus diperhatikan dalam lembaga sekolah. Karena lembaga sekolah merupakan organisasi yang komplek yang terdiri dari banyak orang, kepentingan, dan latar belakang keluarga yang sangat butuh dikelola dengan baik, apalagi PR merupakan corong atau kepanjangan lisan sekolah kepada semua stakeholders sekolah. Masalah-masalah yang berkaitan dengan pengelolaan PR berkaitan dengan fungsi dari pengelolaan itu sendiri sebagai bahan pertimbangan pihak-pihak yang berperan dan berkepentingan. Adapun beberapa aspek yang menjadi fokus adalah: (1) Bagaimana perencanaan PR dalam meningkatkan kepuasan stakeholdersdi SMP Al Hikmah Surabaya?, (2) Bagaimana pengorganisasian PR dalam meningkatkan kepuasan stakeholders di SMP Al Hikmah Surabaya?, (3) Bagaimana efektivitas pengelolaan PR dalam meningkatkan kepuasan stakeholders di SMP Al Hikmah Surabaya?. Untuk menjawab ketiga permasalah di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Lalu pengumpulan data dilaksanakan dengan (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi. Data yang didapat dianalisis dengan cara (1) Editing, (2) Pengorganisasian data, (3) Analisi data, dan (5) Kesimpulan. Sedangkan untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan uji coba kredibilitas dengan cara: (1) Ketekunan pengamatan, (2) Triangulasi. Data temuan penelitian dan pembahasan skripsi ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan PR di SMP Al Hikmah Surabaya berawal dari analisis kebutuhan, tujuan, target dan pengamatan mendalam terkait prioritas, (2) Pengorganisasian PR di SMP Al Hikmah Surabaya ada berawal dari butuhnya membagi kerja dalam bagian tertentu, penempatan SDM sesuai dengan kompetensi diri, jelasnya siapa dan apa dalam melaksakan program kerja, dan menyesuaikan target unit kehumasan sekolah, (3) Efektivitas pengelolaan PR di SMP Al Hikmah Surabaya telah berjalan efektif didukung perencanaan dan pengorganisasian PR yang berjalan maksimal. Sehingga semua program dan kegiatan kehumasan berjalan sesuai harapan dan stakeholders sekolah pun merasa puas dengan pengelolaan PR sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, M. Nurulyudhazahry@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hubungan Masyarakat
Komunikasi
Keywords: Pengelolaan; Efektivitas; Public Relation; Stakeholders
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Huda M. Nurul
Date Deposited: 31 Jul 2018 01:21
Last Modified: 31 Jul 2018 01:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25675

Actions (login required)

View Item View Item