Implementasi aneka jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Nur Lathifa (2018) Implementasi aneka jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Lathifatus Sholihah_D93214083.pdf

Download (857kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Impelementasi Aneka Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Di UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai aneka jalur seleksi, kriteria anaeka jalur seleksi dan implementasi aneka Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti mendalami fenomena-fenomena yang terjadi dilapangan kemudian menggambarkan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan menyebutkan bahwa Penerapan Aneka jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru di UIN Sunan Ampel Surabaya sudah dilakukan secara selektif dengan baik dan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku pada setiap jalur, yaitu diantaranya SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan SPMB Mandiri. Diantara kelima jalur tesebut yang dirasa cukup ketat yaitu dari jalur SPMB Mandiri, dari segi tes juga administrasi. Berdasarkan hasil temuan yang ada, seleksi penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan sesuai kualifikasi, kriteria atau syarat yang ada di setiap aneka jalur. Salah satunya kriteria yang ada pada jalur seleksi undangan yaitu salah satunya harus mengisi data pribadi (terutama nilai rapor) di PDSS yang sekolah tersebut sudah terdaftar. Jalur seleksi tes tulis yaitu lulusan sekolah SMA/MA mempunyai ijazah negara (ujian nasional). Adapun jalur yang banyak diminati adalah sebagaimana rekapitulasi data pendaftar jalur SPMB Mandiri. Peserta yang lulus sudah memenuhi syarat secara kuantitasnya (secara formal) hanya saja secara kualitasnya masih ada kekurangan yang tidak terlihat. Pengadaan program khusus, UINSA menerapkan sertifikasi ke-agamaan untuk semua lulusan mahasiswa UINSA. Dengan menyelenggarakan program materi kepesantrenan dalam bentuk kelas intensif. Program ini bertujuan untuk melahirkan lulusan yang handal dan fasih dalam membaca al-Qur’an. Selain itu, UINSA juga membuka program khusus yaitu seleksi beasiswa bibit unggul yang nantinya akan mendapatkan beasiswa penuh selama kuliah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Nur Lathifalathifatussholihah16@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Strategi
Uncontrolled Keywords: Implementasi Aneka Jalur Seleksi; Penerimaan Mahasiswa Baru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sholihah Nur Lathifatus
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:55
Last Modified: 30 Jul 2018 07:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25674

Actions (login required)

View Item View Item