Pengaruh jumlah pembiayaan, jangka waktu pengembalian dan nilai jaminan terhadap kelancaran pengembalian pembiayaan di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Usaha Artha Sejahtera Pamotan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kinasih, Isti'ana (2018) Pengaruh jumlah pembiayaan, jangka waktu pengembalian dan nilai jaminan terhadap kelancaran pengembalian pembiayaan di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Usaha Artha Sejahtera Pamotan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Isti'ana Kinasih_G74214097.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan dari rumusan masalah mengenai pengaruh dari masing-masing variabel uji antara jumlah pembiayaan, jangka waktu pengembalian, dan nilai jaminan baik secara simultan maupun parsial terhadap kelancaran pengembalian pembiayaan di KSPPS BMT Usaha Artha Sejahtera Pamotan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi logistik. Sampel yang digunakan sebanyak 55 pembiayaan dari 400 populasi pembiayaan produktif dan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui dokumentasi berupa data pembiayaan normatif BMT dan wawancara yang dilakukan dengan pihak analis pembiayaan dan kepala bagian administrasi KSPPS BMT Usaha Artha Sejahtera Pamotan. Hasil penelitian yang diperoleh pada uji Chi Square yaitu signifikansi sebesar 0.000. Kemudian berdasarkan hasil uji parsial, diketahui bahwa nilai signifikansi variabel jumlah pembiayaan sebesar 0.710 > 0.05, nilai signifikansi jangka waktu pengembalian 0.002 < 0.05, dan nilai signifikansi nilai jaminan sebesar 0.533 > 0.05. kesimpulannya adalah dari hasil uji chi square diketahui ketiga variabel yang digunakan berpengaruh secara simultan terhadap kelancaran pengembalian pembiayaan. Kemudian pada hasil uji parsial menyatakan bahwa variabel jumlah pembiayaan (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap kelancaran pengembalian pembiayaan, lalu variabel jangka waktu pengembalian (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kelancaran pengembalian pembiayaan, serta variabel nilai jaminan (X3) tidak berpengaruh secara parsial terhadap kelancaran pengembalian pembiayaan. Berdasarkan hasil penelitian, maka pihak BMT diharapkan lebih selektif dalam memberikan jangka waktu pengembalian dan memperhatikan metode penanganan pembiayaan bermasalah berhubungan dengan jaminan agar debitur yang melakukan pembiayaan lebih disiplin dalam hal pengembaliannya. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan dapat memperluas variabel yang digunakan terhadap penelitian sejenis dan memilih lembaga keuangan lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kinasih, Isti'anaistianakinasih@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Koperasi
Keywords: Kolektibilitas; Jumlah Pembiayaan; Jangka Waktu; Jaminan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kinasih Isti'ana
Date Deposited: 31 Jul 2018 03:18
Last Modified: 31 Jul 2018 03:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25664

Actions (login required)

View Item View Item