Tinjauan hukum Islam terhadap pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif Pasar Paing Rungkut Kidul Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ruwaidah, Lilik (2009) Tinjauan hukum Islam terhadap pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif Pasar Paing Rungkut Kidul Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilik Ruwaidah_C01304112.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan apa saja upaya pengelolaan dan pengembangan tanah wakaf Pasar Paing Rungkut Kidul Surabaya dan bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap upaya pengelolaan dan pengembangan tanah wakaf Pasar Paing Rungkut Kidul Surabaya. Data penelitian disusun setelah menelaah buku yang ada kaitannya dengan pembahasan, kemudian data yang di kumpulkan dari lapangan yang selanjutnya di analisis dengan menggunakan metode deskriptif analitis dengan pola pikir induktif. Yakni dengan memaparkan secara sistematis, aktual, akurat mengenai fakta atau data yang akan diteliti, kemudian di konfirmasikan dengan data literature yang ada kaitannya dengan pembahasan. Dan langkah terakhir yakni di tarik kesimpulan yang bersifat umum dari analisis yang diperoleh dari kedua data tersebut. Hasil penelitian menyebutkan bahwa upaya yang dilakukan terhadap pengelolaan dan pengembangan Pasar Paing adalah dengan membuat kebijakan pembangunan pasar, dari pasar tradisional menuju pasar modem. Dengan pengembangan selanjutnya adalah nadzir berupaya menambah fasilitas yang mendukung untuk pemberdayaan dan peningkatan Pasar Paing misalnya, penambahan stand jual beli, didirikan Bank Perkreditan Rakyat (BPR), ruang pameran, depot, took emas, kantor informasi, mushala, sampai pada kegiatan perlombaan burung. Dimanajika dilihat upaya yang dilakukan tersebut "tidak Biasa" yang dilakukan oleh pasar pada umumnya, yakni kegiatan jual beli. Sehingga dari upaya yang dilakukan oleh nadzir (Pengurus YATAWA PP) tersebut adalah sudah sesuai dengan hukum islam. Disini lebih dinilai pada : cara nadzir dalam mengembangkan usaha yang berbeda dan memberdayakan tanah wakaf, tujuan wakaf yang sesuai dengan AI quran dan hadist serta pemanfaatan hasil pengembangan yang tepat pada sasaran wakaf. Dimana dari penelitian ini diharapkan kepada nadzir wakaf untuk lebih meningkatkan pengembangan Pasar Paing dalam rangka memberdayakan tanah wakaf, serta sebagai apresiasi masyarakat terhadap pengelolaan dan pengembangan praktek wakaf yang ada di daerah sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ruwaidah, LilikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Wakaf
Keywords: Hukum Islam; wakaf produktif
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jul 2018 03:09
Last Modified: 30 Jul 2018 03:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25653

Actions (login required)

View Item View Item