Pengelolaan E-Learning dalam pelaksanaan ulangan harian online mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Dewi Mega Permana (2018) Pengelolaan E-Learning dalam pelaksanaan ulangan harian online mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Mega Permana Putri_D93214070.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan e-learning dalam pelaksanaan ulangan harian online mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat e-learning dalam pelaksanaan ulangan harian online mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya serta untuk mengetahui dampak e-learning dalam hasil pembelajaran siswa mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode wawancara terstruktur dan tidak terstruktur terhadap subjek serta dokumentasi. Peneliti melakukan penelitian di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Lokasi sekolah berada di Jalan Pucang Taman No. I/2. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Program e-learning direncanakan dengan melakukanworkshop pada tanggal 15 November 2012. Pada pengorganisasian, sekolah memilih pengelola program e-learning sesuai dengan kemampuannya. Ketika pelaksanaan e-learning berlangsung, siswa dapat mematuhi peraturan sebelumnya yang telah disepakati bersama, yakni bahwa siswa tidak diperbolehkan membawa alat elektronik ke dalam ruangan dan tidak boleh gaduh saat ujian berlangsung. Dalam hal pengendalian, pengelola e-learning setiap tiga bulan sekali melakukan pemeriksaan. (2) Faktor pendukungnya adalah adanya smartphone, PC atau komputer, laptop, dan jaringan internet. Sedangkan faktor penghambatnya adalah koneksi internet yang terkadang tidak stabil dan ukuran jumlah pengguna WIFI melebihi kapasitas yang telah ditentukan. (3) Adapun dampak e-elarning dalam hasil pembelajaran siswa mata pelajaran pendidikan agama islam adalah pada kemampuan siswa itu sendiri. Kemampuan siswa dalam mencapai standart nilai yang telah ditentukandapat terlihat setelah siswa selesai mengerjakan soal ulangan harian online.Karena ketika pelaksanaan ulangan harian online berlangsung, siswa tidak dapat berkomunikasi dengan siswa yang lainnya. Sesuai dengan peraturan yang telah disepakati. Sehingga siswa mengerjakan soal sendiri tanpa bantuan dari teman disekitarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Dewi Mega Permanadewimega1996@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Internet
Manajemen Pendidikan
Teknologi > Teknologi Informasi
Uncontrolled Keywords: E-Learning; elektronik; internet
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Putri Dewi Mega Permana
Date Deposited: 30 Jul 2018 06:49
Last Modified: 30 Jul 2018 06:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25641

Actions (login required)

View Item View Item