Pengaruh kewajiban penyediaan modal minimum, financing to deposit ratio dan non performing financing terhadap profitabilitas pada BPR Syariah di Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Duri Novita (2018) Pengaruh kewajiban penyediaan modal minimum, financing to deposit ratio dan non performing financing terhadap profitabilitas pada BPR Syariah di Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Duri Novita Sari_G74214088.pdf

Download (13MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Kewajiban Penyediaan Modal Minimmum, Financing to Deposit Ratio, dan Non Performing Financing terhadap Profitabilitas pada BPR Syariah di Jawa Timur. Ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang apakah pengaruh signifikan kewajiban penyedia modal minimum, financing to deposit ratio dan non performing financing terhadap profitabilitas BPR Syariah di Jawa Timur dan bagaimana pengaruh kewajiban penyediaan modal minimum, financing to Deposit Rati, dan non performing financing terhadap profitabilitas pada setiap BPR Syariah di Jawa Timur. Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua BPR syariah yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan menggunakan purposive sampling terdapat sebanyak 7 BPRS dan 140 data yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Data ini berupa laporan keuangan triwulan syariah yang telah di publikasikan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan bantuan program SPSS 19. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Kewajiban Penydia modal Minimum berpngaruh signifikan positif. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t dengan signifikan 10% di mana 0,054˂0,10 . Sedangkan pada Financing to Deposit Ratio tidak brpengaruh trhadap profitabilitas, dimana ditunjukan oleh hasil uji t dengan 0,385˃ 0,05. Selain itu Non Performing Financing berpengaruh negative signifikan terhadap profitabilitas pada signifikansi 5%, di mana 0,005˂0,05. Dari ketujuah bank yang dijadikan sampel penelitian terdapat beberapa bank yang berpengaruh terhadap persamaan tersebut di antaranya yaitu PT BPRS Baktimakmur Indah, PT BPRS Madinah, PT BPRS Bhakti Sumekar dan PT BPRS Annisa Mukti. Sedangkana ketiga bank lainnya tidak berpengaruh terhadap profitabilitas di antaranya yaitu PT BPRS Tanmiya Artha, PT BPRS Artha Pamenang dan PT BPRS Situbondo. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan pada intresep ini dapat disebabkan karena kondisi keuangan yang berbeda sebab tingkat kestabilan keuangan dan selisih nominal yang terjadi memiliki perbedaan pada setiap banknya. Hasil penelitian di atas diharapkan pada BPRS dapat meningkatkan kinerjanya dengan meningkatkan kualitas karyawan, kualitas pembiayaan sehingga dapat memaksimalkan kontribusi ketiga variabel tersebut untuk menunjang peningkatan profitabilitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Duri Novitadurinovitasari.9303@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keuangan Islam
Keywords: Kewajiban penyediaan modal minimum; financing to deposit ratio; non performing financing; BPR Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sari Duri Novita
Date Deposited: 31 Jul 2018 01:39
Last Modified: 31 Jul 2018 01:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25634

Actions (login required)

View Item View Item