Pengembangan Program Pelatihan Kelompok Kerja Guru PAI Model Kemp dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di Kecamatan Driyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zumroti, Lailil (2018) Pengembangan Program Pelatihan Kelompok Kerja Guru PAI Model Kemp dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di Kecamatan Driyorejo Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailil Zumroti_F12316234.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan merupakan tiang peradaban sebuah bangsa yang melahirkan para generasi bangsa yang cakap, unggul dan berkepribadian baik yang hal itu ditentukan oleh kecakapan seorang guru dalam mendidik, mengajar, menempa dan menggali segala potensi yang ada di dalam diri peseta didik tersebut. Sehingga peran guru sangat urgent dalam masalah ini, sebagai salah satu faktor berhasil tidaknya sebuah pendidikan dan pembelajaran yang dilakukan. Bedasarkan tujuannya, penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan. Metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Program pelatihan ini akan diuji cobakan dan hasil uji coba ini akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dalam hal ini mencakup tiga bagian, yakni: Pertama,program pelatihan KKG PAI Driyorejo sebagai suatu usaha untuk meningkatkan kinerja guru agar menjadi tenaga pengajar yang profesional yang dapat menyusun perencanaan pembelajaran, dapat menggunakan berbagai strategi dan metode pembelajaran dan dapat mengoprasionalkan berbagai media pembelajaran dengan baik. Kedua, Adapun langkah penerapan desain pembelajaran Model Kemp terhadap materi PAI tentang shalat wajib, adalah sebagai berikut: (1) Menentukan tujuan secara umum tentang shalat fardhu, (2) Menganalisis karakteristik peserta didik mengenai gaya belajar dan kompetensinya, (3) Menentukan tujuan pembelajaran secara spesifik tentang shalat fardhu, (4) Menentukan bahan Ajar (Materi) (5) Menggadakan pre tes (6) Menentukan strategi pembelajaran (7) Menggunakan fasilitas sebagai media pembelajaran, (8) Menggadakan evaluasi tentang shalat fardhu sebagai tolak ukur setelah pembelajaran selasai. Ketiga, Dalam pelaksanaan pengembangan program pelatihan model Kemp pada kelompok kerja guru (KKG) PAI di Kecamatan Driyorejo Gresik terdapat beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun faktor pendukung di antaranya: (1) memiliki semangat yang tinggi, (2) memiliki motivasi belajar yang tinggi, (3) memiliki kemampuan merencanakan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat di antaranya: (1) faktor usia, (2) faktor sarana prasarana, dan (3) faktor kemampuan dalam mengoperasionalkan teknologi pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zumroti, Lailillaililzumroti82@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Program Pelatihan; Model Kemp; Kompetensi Profesional Guru
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zumroti Lailil
Date Deposited: 27 Jul 2018 09:35
Last Modified: 27 Jul 2018 09:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25620

Actions (login required)

View Item View Item