Analisis hukwn Islam terhadap putusan Mahkamah Agung RI No: 119 K/AG/2007 tentang cerai talak karena perselisihan yang disebabkan oleh suami: studi pembatalan putusan PTA Surabaya oleh Mahkamah Agung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahem, M. Ainur (2009) Analisis hukwn Islam terhadap putusan Mahkamah Agung RI No: 119 K/AG/2007 tentang cerai talak karena perselisihan yang disebabkan oleh suami: studi pembatalan putusan PTA Surabaya oleh Mahkamah Agung. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Ainur Rahem_C01304022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis dasar hukum yang digunakan dalam memutus perkara tersebut, dan penyebab terjadinya perbedaan pendapat antara PTAdanMA. Skripsi ini menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu memberikan gambaran tentang Putusan Mahkamah Agung RI No: 119 K/AG/2007 tentang cerai talak karena perselisihan yang disebabkan oleh suami secara ummn kemudian dianalisis dengan hukmn Islam untuk mendapatkan jawaban yang bersifat khusus. Hasil penelitian ini menyimpulkan MA berpendapat bahwa dalam putusan PTA terdapat kesalahan dalam menilai fakta karena disana sudah jelas rwnah tangga pemohon dengan tennohon telah pecah, usaha damai tidak berhasil dan sejak bulan Januari 2006 telah berpisah rumah, selain itu judex facti kurang tepat dalam menafsirkan salah satu asas mempersukar terjadinya perceraian, disamping itu tidak perlu dicari lagi penyebab pertengkaran/perselisihan rumah tangga yang ada. Adapun dasar MA yaitu dijelaskan secara luas pada pasal 116 KHI diantaranya huruf F Serta asas perkawinan Undang-Undang No.1 Tahun 1974 yang menyatakan bahwa tujuan perkawinan adalah membentuk keluarga yang bahagia dan kekal. Sejalan dengan kesimpulan diatas maka, hendaklah seorang hakim untuk lebih teliti dalam mengkaji atau mempertimbangkan segala kemungkinan yang kadangkala hal itu bisa tidak terbaca hila hanya melihat kepada gambaran-gambaran kertas belaka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahem, M. AinurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Cerai Gugat
Hukum Islam
Keluarga
Keywords: Hukum Islam; putusan Mahkamah Agung RI No: 119 K/AG/2007; cerai talak; suami
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2018 08:14
Last Modified: 27 Jul 2018 08:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25614

Actions (login required)

View Item View Item