Praktik budaya akademik mahasiswa prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saa'dah, Chikmatus (2018) Praktik budaya akademik mahasiswa prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Chikmatus Saa'dah_D93214068.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bentuk budaya akademik mahasiswa prodi manajemen pendidikan islam, sarana pengembangan budaya akademik mahasiswa prodi manajemen pendidikan islam, praktik budaya akademik mahasiswa prodi manajemen pendidikan islam fakultas tarbiyah dan keguruan di UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam terhadap subyek. Mahasiswa sebagai orang yang mempraktikkan budaya akademik di lingkungan Prodi Manajemen Pendidikan Islam. budaya akademik merupakan sebuah kebiasaan mahasiswa yang sering dilakukan di lingkungan prodi manajemen pendidikan islam yang sehingga menjadi budaya. Tipe-tipe mahasiswa prodi manajemen pendidikan islam ini ada yang hanya sekedar kuliah pulang,ada yang menjadi aktivis. Mahasiswa adalah sebagai penentu dalam pelaksanaan budaya akademik. bentuk budaya akademik mahasiswa yang ada di Prodi Manajemen Pendidikan Islam diantaranya ada budaya akademik mahasiswa di kelas seperti adanya diskusi kelompok pada waktu perkuliahan di kelas yang membahas materi-materi yang sedang disampaikan oleh dosen. Selain itu budaya akademik mahasiswa di luar kelas ada kajian, mencari referensi buku di Perpustakaan, adanya forum diskusi mahasiswa manajemen pendidikan islam, mengikuti organisasi di kampus maupun di luar kampus, penulisan karya ilmiah mahasiswa, adanya studi banding. Sarana pengembangan budaya akademik sangat diperlukan karena ketika melaksanakan budaya akademik mahasiswa merasa nyaman. Jika sarana kurang memadai maka budaya akademik yang berbentuk kegiatan mahasiswa di prodi manajemen pendidikan islam akan terganggu. Praktik budaya akademik mahasiswa prodi manajemen pendidikan islam ini merupakan pelaksanaan dari budaya akademik yang ada di prodi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saa'dah, ChikmatusChikma63@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Budaya
Keywords: Budaya akademik mahasiswa; prodi Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Saa'dah Chikmatus
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:59
Last Modified: 30 Jul 2018 07:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25613

Actions (login required)

View Item View Item