Manajemen peserta didik dalam meningkatkan daya saing di Pondok Pesantren Bidayatul Bidayah Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Titik (2018) Manajemen peserta didik dalam meningkatkan daya saing di Pondok Pesantren Bidayatul Bidayah Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Titik Rahmawati_D03214016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Daya Saing Di Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai manajemen peserta didik dalam meningkatkan daya saing. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti mendalami fenomena-fenomena yang terjadi dilapangan kemudian menggambarkan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan menyebutkan bahwa Manajemen peserta didik di pondok pesantren bidayatul hidayah mojokerto sudah tertata dengan baik. dimana konsep dalam manajemen peserta didik yang dimulai dari:perencanaan santri baru, monitoring atau pengendalian santri, evaluasi sudah diterapkan oleh semua unit diPondok Pesantren Bidayatul Hidayah Mojokerto begitu jiga dengan pelaksanaan implementasi manajemen peserta didik di Pondok Pesantren Adanya bimbingan dan konseling untuk siswa yang memiliki masalah mengadakan tambahan belajar menambah fasilitas yang disediakan untuk siswasiswa yang berbakat untuk mengikuti perlombaan. Evaluasi yang dilaksanakan Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah Mojokerto terhadap manajemen perserta didik sudah berjalan efektif. Bentuk evaluasi kepala sekolah terhadap pelaksanaan manajemen peserta didik adalah melakukan supervisi. Supervisi tidak hanya dilakukan oleh Kepala sekolah namun juga dilakukan oleh Wakil Kepala sekolah dan pihak Diknas. Dalam hal ini, pihak-pihak yang disupervisi adalah guru baik wali kelas maupun guru pendamping serta staff TU. Supervisi yang dilakukan dalam bentuk monitoring, mengisi data, pengamatan, evaluasi kinerja guru dan karyawan, serta supervisi lapangan. Komponen-komponen yang disupervisi oleh pondok pesantren terdapat unsur nilai-nilai manajemen peserta didik nya. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dokumen, instrument belum berbasis manajemen peserta didik, masih berbentuk instrument supervisi umum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Titikrahmatitik85@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Manajemen Kelas
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Manajemen peserta didik; Daya saing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rahmawati Titik
Date Deposited: 27 Jul 2018 07:56
Last Modified: 27 Jul 2018 07:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25611

Actions (login required)

View Item View Item