Pengaruh faktor sosial terhadap keputusan nasabah dalam memilih BMT MADANI sebagai media pembiayaan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmah, Ni'matur (2018) Pengaruh faktor sosial terhadap keputusan nasabah dalam memilih BMT MADANI sebagai media pembiayaan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Niā€™matur Rochmah_G94214152.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skipsi ini merupakan hasil penelitian kuantitatif. Tujuannya adalah untuk menjawab pertanyaan apakah terdapat pengaruh signifikan secara parsial maupun simultan antara faktor sosial terhadap keputusan nasabah memilih BMT MADANI sebagai media pembiayaan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang melakukan pembiayaan di BMT MADANI. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 81 responden dengan menggunakan teori Slovin. Adapun penentuan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling. Dasar penentuan jumlah sampling dengan menggunakan Accidental Sampling, teknik pengumpulan data dengan memberikan kuesioner kepada responden, wawancara dan dokumentasi. Untuk dapat membuktikan dan meganalisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas, dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana serta uji T (parsial) dan uji F (simultan). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa secara parsial variabel faktor sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah karena nilai t hitung > t tabel yakni 2,632 > 1,664 dan nilai Sig. < 0,05 yakni 0,010< 0,05. Pada uji simultan menunjukkan bahwa antara variabel faktor sosial (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah karena F hitung > F tabel yakni 6,927 > 3,96 dan nilai Sig. < 0,05 yakni 0,010< 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan, sebaiknya BMT MADANI mempertahankan strategi pendekatan melalui aspek faktor sosial dalam pengambilan keputusan konsumen untuk dapat melakukan pembiayaan. Karena, dalam hal ini faktor sosial dapat memberikan dampak dan pengaruh secara langsung kepada nasabah dalam menentukan keputusan untuk melakukan pembiayaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmah, Ni'maturnimatur.rochmah06@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Pengambilan Keputusan
Keywords: Faktor Sosial; Keputusan Nasabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rochmah Ni'matur
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:15
Last Modified: 30 Jul 2018 07:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25610

Actions (login required)

View Item View Item