Pengaruh demografi sosial ekonomi dan lingkungan terhadap preferensi dan perilaku middle class muslim Surabaya dalam membentuk potensi halal hospital

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Luluk (2018) Pengaruh demografi sosial ekonomi dan lingkungan terhadap preferensi dan perilaku middle class muslim Surabaya dalam membentuk potensi halal hospital. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luluk Latifah_F02416090.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pada saat label syariah semakin menjamur, baik pada dunia perbankan maupun non perbankan, banyak produk-produk barang atau jasa halal yang ditawarkan oleh pelaku usaha, dan masyarakat sangat antusias untuk mengikutinya terutama masyarakat kalangan menengah yang dewasa ini mendominasi pangsa pasar. Dari produk halal yang ditawarkan oleh para pelaku usaha yang baru-baru ini diluncurkan adalah di bidang pelayanan kesehatan yang secara legal juga sudah difatwakan oleh DSN MUI (Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia) No. 107/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggara Rumah Sakit Syariah, yang dimotori oleh MUKISI (Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia). Selama ini pembicaraan mengenai Rumah Sakit Syariah masih pada tatanan manajemen saja, pada penelitian ini ingin mengetahuinya dari aspek masyarakatnya, terutama masyarakat menengah Muslim. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Surabaya dengan menggunakan tehnik pengambilan sampel secara simple random sampling dan besar sampel dengan aplikasi simple size 2.0 berjumlah 217 sampel pada masyarakat kelas menengah muslim Kota Surabaya. Untuk pengolahan datanya menggunakan Structural Equational Model (SEM) dari perangkat software statistik AMOS yang digunakan dalam model dan pengujian hipotesisnya. Hasilnya pada measurement model dengan menggunakan goodness of fit, model dinyatakan fit, dengan rata-rata nilai loading faktor, S.E dan C.R > 0,5. dan P 0,000. Secara uji validitas dan uji reliabilitas, semua variabel pendukung dinyatakan valid dengan rhitung > rtabel 0,0181 dan reliabilitas sempurna dengan rhitung > rtabel 0,9. Variabel yang secara signifikan berpengaruh adalah (1) demografi terhadap preferensi, (2) sosial terhadap preferensi, (3) lingkungan terhadap preferensi, (4) preferensi terhadap perilaku, (5) preferensi terhadap potensi halal hospital dan (6) perilaku terhadap potensi halal hospital. Potensi adanya halal hospital sangat besar yaitu sekitar 75% yang diukur dari tingkat preferensi dan perilaku middle class muslim yang mempunyai karakteristik demografi, sosial, ekonomi dan lingkungan berbeda di Kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Lulukluluk.delula@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen
Uncontrolled Keywords: demografi; sosial; ekonomi; lingkungan; perilaku middle class muslim; halal hospital
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Latifah Luluk
Date Deposited: 30 Jul 2018 01:49
Last Modified: 30 Jul 2018 01:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25600

Actions (login required)

View Item View Item