إعداد مواد تعليم اللغة العربية لطلاب الجامعة باستخدام الأساليب القرآنية لتنمية مهارة القراءة: بحث تطويري على طلاب قسم التربية الإسلامية بالجامعة سلطان محمد صفي الدين الإسلامية بسمبس كلمنتان الغربية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaifudin, Syaifudin (2018) إعداد مواد تعليم اللغة العربية لطلاب الجامعة باستخدام الأساليب القرآنية لتنمية مهارة القراءة: بحث تطويري على طلاب قسم التربية الإسلامية بالجامعة سلطان محمد صفي الدين الإسلامية بسمبس كلمنتان الغربية. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Syaifudin_F02616148.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Fokus permasalahan pada penelitian ini sebagaimana hasil wawancara peneliti dengan dosen bahasa arab ialah minimnya kemampuan mahasiswa dalam keterampilan membaca dan ketersediaan bahan ajar yang belum representatif yaitu belum sesuai dengan level mereka, belum sesuai dengan kebutuhan mereka dan belum mampu terintegrasi dengan bidang keilmuan lainnya terutama dengan uslub (style) yang ada di dalam al-Qur’an. Tujuan penelitian ini ialah: (1) untuk mengembangkan bahan ajar bahasa untuk mahasiswa dengan menggunakan uslub al-qur’an untuk meningkatkan kemahiran membaca pada mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Sultan Syafiuddin Sambas (IAIS); (2) untuk mengetahui penerapan bahan ajar bahasa Arab untuk mahasiswa dengan menggunakan uslub al-qur’an untuk meningkatkan kemahiran membaca pada mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Sultan Syafiuddin Sambas (IAIS); (3) untuk mengetahui efektifitas bahan ajar bahasa Arab untuk mahasiswa dengan menggunakan uslub al-qur’an untuk meningkatkan kemahiran membaca pada mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Sultan Syafiuddin Sambas (IAIS). Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) yaitu menggunakan metode Sugiono dengan sepuluh tahapan. adapun Jenis pendekatan penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dan kualitatif, yaitu mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Hasil penelitian ini ialah: (1) berupa bahan ajar bahasa Arab yang berjudul “Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Uslub-uslub al-Qur’an) dengan metode sam’iyah syafāhiyah; (2) penerapan bahan ajar bahasa arab Arab menggunakan uslub-uslub al-Qur’an pada pembelajaran bahasa arab meliputi tiga proses yaitu proses pendahuluan, lalu materi inti berupa uslub yang ada di teks qira’ah dan terakhir pemberian hasil latihan dan motivasi (3) Efektifitas dari bahan ajar bahasa Arab yang dibuat dan diujicobakan adalah berhasil dengan bukti bahwa “t hitung” lebih besar daripada “t table” yaitu dengan perbandingan 14,83 dan 2,423. Dengan demikian bahan ajar bahasa Arab mampu dan berhasil meningkatkan kemahiran mahasiswa dalam membaca dengan menggunakan uslub-uslub al-Qur’an, di Institut Agama Islam Sultan Syafiuddin Sambas. Implikasi temuan baru dari hasil penelitian ini mampu: (1) meningkatkan kemahiran membaca mahasiswa; (2) menjadi inovasi sekaligus referensi baru di bidang bahasa Arab; (3) efektif diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab terutama untuk mengasah kemahiran membaca mahasiswa di Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas khususnya dan bagi mahasiswa lain pada umumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaifudin, Syaifudinudin123sby@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Sumber Belajar
Uncontrolled Keywords: Penyusunan Materi Ajar; Uslub-Uslub al Qur’an; Kemahiran Membaca
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syaifudin Syaifudin
Date Deposited: 27 Jul 2018 05:54
Last Modified: 27 Jul 2018 05:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25591

Actions (login required)

View Item View Item