Penaklukan wilayah Transoxiana oleh Panglima Qutaibah bin Muslim 705-715 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Diana Nur (2018) Penaklukan wilayah Transoxiana oleh Panglima Qutaibah bin Muslim 705-715 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Diana Nur Rosyidah_A72214057.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Adapun fokus penelitian yang dibahas dalam penulisan skripsi ini ialah: (1) Bagaimana Biografi Qutaibah bin Muslim? (2)Bagaimana strategi Qutaibah bin Muslim dalam Penaklukan wilayah Transoxiana? (3) Bagaimana Dampak penaklukan Transoxiana? Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian sejarah yakni proses menguji dan menganalisis kesaksian sejarah guna menemukan data yang otentik dan dapat dipercaya untuk merekonstruksi kejadian masa lampau. Data penelitian diperoleh melalui penelusuran dokumen terkait, baik yang ditulis oleh sejarawan sezaman maupun data yang ditulis oleh sejarawan modern. Data tersebut dipilih sesuai dengan tema yang diambil dan dianalisis dengan menggunakan pendekatan politik dan teori yang digunakan adalah teori konflik dari Lewis Coser. Dari penelitian yang dilakukan, dapat penulis simpulkan bahwa: (1) Qutaibah bin Muslim lahir di Irak pada tahun 669 M. Ketika masih muda, Qutaibah telah ikut andil dalam pasukan militer. Ia juga telah memperlihatkan kemahiran dan keberaniannya dalam kepemimpinan. Selain itu, ia juga diangkat sebagai gubernur Khurasan. Qutaibah wafat pada tahun 715 M di Ferghana di usia 48 tahun. (2) Qutaibah dikenal sebagai sosok yang pemberani, tegas dan cerdik. Dalam kurun waktu sepuluh tahun, Qutaibah berhasil menguasai seluruh wilayah Transoxiana, yaitu pada tahun 705-715 M. Adapun strategi yang digunakan yaitu penaklukan dilakukan pada setiap musim semi dan sebelum melakukan penaklukan, Qutaibah melakukan pengintaian guna mengetahui kondisi wilayah yang akan ditaklukkan. (3) Dampak penaklukan Transoxiana bagi ekspansi Islam yaitu wilayah kekuasaan Islam semakin bertambah luas dan Islam berkembang dengan pesat. Kondisi Transoxiana pasca penaklukan juga diwarnai dengan pemberontakan dan pengrusakan perjanjian dari penduduk Transoxiana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, Diana Nurdianaminhoz22@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Dunia
Jihad
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Penaklukan wilayah Transoxiana; Panglima Qutaibah bin Muslim
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rosyidah Diana Nur
Date Deposited: 27 Jul 2018 02:17
Last Modified: 15 Mar 2019 06:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25589

Actions (login required)

View Item View Item