Implimentasi Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri: studi multi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sekuduk, Kecamatan Sejangkung dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sebebal, Kecamatan Tebas,Kabupaten Sambas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rona, Rona (2018) Implimentasi Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri: studi multi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sekuduk, Kecamatan Sejangkung dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sebebal, Kecamatan Tebas,Kabupaten Sambas. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rona_F02A16213.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implimentasi pembelajaran tematik di MIN Sekuduk, Kecamatan Sejangkung dan MIN Sebebal, Kecamamatan Tebas yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 4 guru kelas di setiap sekolah sebagai informan kunci dan kepala sekolah sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap perencanaan pembelajaran masih terlihat bervariasi. Belum semua RPP menggunakan model RPP tematik. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran tematik, kegiatan pembelajaran di kelas sebagian besar belum menggunakan model pembelajaran tematik, terlihat dalam penyampaian materi masih terpisah-pisah. Namun demikian, ada pula yang sudah menggunakan model pembelajaran tematik. Pada tahap penilaian, belum menggunakan model penilaian tematik. Penilaian hasil belajar yang dilaksanakan oleh semua guru adalah bentuk tes tertulis yang masih dilaksanakan secara terpisah, sesuai dengan mata pelajaran, tidak digabungkan dengan mata pelajaran lain yang berada dalam satu tema. Pada penilaian proses yang dilaksanakan hanya penilaian sikap, dan hanya guru kelas IV dan V yang melaksanakannya. Hambatan yang ditemui guru adalah kurangnya sosialisasi mengenai pembelajaran tematik. Sehingga guru kurang memahami bagaimana pembelajaran teamtik yang sebenarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rona, Ronaronaspdi@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rona Rona
Date Deposited: 03 Aug 2018 06:31
Last Modified: 03 Aug 2018 06:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25569

Actions (login required)

View Item View Item