الكفاءة التعليمية والكفاءة المهنية لدي معلمي البرنامج المكثف لتعليم اللغة العربية وتأثيرها على التحصيل الدراسي للطلاب بجامعة سونان أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur Ilya, Intan (2018) الكفاءة التعليمية والكفاءة المهنية لدي معلمي البرنامج المكثف لتعليم اللغة العربية وتأثيرها على التحصيل الدراسي للطلاب بجامعة سونان أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Intan Nur Ilya_F02616132.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dosen adalah salah satu faktor keberhasilan mahasiswa, yang memiliki kompetensi pedagogik untuk membimbing mahasiswa dalam proses pembelajaran; teori, praktek, penilaian dan evaluasi hasil belajar mahasiswa. Maka dari itu, setiap dosen harus menguasai kompetensi ini agar dapat mencapai kemajuan dalam proses pembelajaran. Karena dosen memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan bangsa. Tidak semua proses pembelajaran berhasil, dan hasil belajar adalah sarana untuk mengukur tingkat keberhasilan mahasiswa setelah proses pembelajaran. Selain itu efisiensi kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dosen sangat berperan penting dalam mencapai prestasi mahasiswa di program intensif bahasa Arab untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa dalam bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kompetensi pedagogik dosen program intensif bahasa Arab UIN Sunan Ampel Surabaya, (2) Mengetahui kompetensi profesional dosen program intensif bahasa Arab UIN Sunan Ampel Surabaya, (3) Mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dosen program intensif bahasa Arab terhadap hasil belajar mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi (Karl Pearson) dengan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui adanya pengaruh antara dua variable atau lebih. Dalam penelitian ini peneliti juga menggunakan angka, rumus dan analisis statistik. Hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat adanya pengaruh kuat antara kompetesi pedagogik dan hasil belajar mahasiswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,679. Sedangkan koefisien korelasi antara kompetensi profesional dan hasil belajar siswa sebesar 0,590.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur Ilya, Intanintanilya21@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ilya Intan Nur
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:16
Last Modified: 30 Jul 2018 07:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25552

Actions (login required)

View Item View Item