Analisis sistem pengendalian intern pada sistem penggajian di BMT An Nur Rewwin Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Miatuhabbah, Sumbulatin (2018) Analisis sistem pengendalian intern pada sistem penggajian di BMT An Nur Rewwin Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sumbulatin Miatuhabbah_G72214017.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diangkat dengan rumusan masalah bagaimana penerapan sistem pengendalian intern pada sistem penggajian dan bagaimana analisis penerapan sistem pengendalian intern pada sistem penggajian di BMT An-Nur Rewwin Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi/pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada ketua dan administrasi BMT An-Nur Rewwin Waru Sidoarjo. Hasil dari analisis penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem pengendalian intern pada sistem penggajian di BMT An-Nur Rewwin sebagian sistem telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan fungsi yang telah ditetapkan, tetapi ada beberapa yang merangkap dua fungsi sekaligus seperti fungsi pencatatan waktu hadir dengan fungsi pembuatan daftar gaji, dan fungsi akuntansi dengan fungsi keuangan. Dapat disimpulkan bahwa di BMT An-Nur Rewwin telah memisahkan sebagian tugas dan tanggung jawab fungsional terkait dengan sistem pengendalian intern pada masing-masing bagian dalam sistem penggajian karyawan. Prosedur yang sederhana dalam sistem penggajian di BMT An-Nur Rewwin agar mudah dipahami dan dimengerti. Sudah ada pemisahan tugas dan tanggung jawab dalam struktur organisasi, sistem otorisasi, dan prosedur pencatatan yang baik, praktik yang sehat dalam melaksanakan fungsi setiap bagian-bagian organisasi di BMT An-Nur Rewwin. Saran yang dapat penulis berikan adalah bagian fungsi yang merangkap dua fungsi sebaiknya dipisah supaya lebih efisien dan efektif. Dan pencatatan transaksi seperti slip gaji sebaiknya jangan dijadikan satu slip, karena setiap karyawan menerima jumlah gaji yang berbeda. Bukti kas keluar, distribusi biaya, biaya gaji dalam pencatatan laporan keuangan ada bagian khusus yang menangani transaksi tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Miatuhabbah, Sumbulatinsumbulatinmiatuhabbah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi
Bagi Hasil
Bank Koperasi
Ekonomi Islam
Koperasi
Keywords: Sistem Pengendalian Intern; Sistem Penggajian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Miatuhabbah Sumbulatin
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:35
Last Modified: 25 Jul 2018 02:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25545

Actions (login required)

View Item View Item