Pengaruh kompetensi staf akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan desa di Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulfiyah, Fifi (2018) Pengaruh kompetensi staf akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan desa di Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fifi Sulfiyah_G92214032.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang apakah kompetensi staf akuntansi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan desa di kecamatan Arosbaya kabupaten Bangkalan dan seberapa besar kompetensi staf akuntansi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan desa di kecamatan Arosbaya kabupaten Bangkalan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif asosiatif dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji t dan analisis koefisien determinasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 orang responden dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner di 18 desa kecamatan Arosbaya kabupaten Bangkalan. Sedangkan untuk pengujian analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, regresi linier sederhana dan uji t. Hasil perhitungan uji t pada tingkat signifikansi diperoleh thitung  ttabel (3,2391,669), Jadi Hipotesis yang diajukan menyatakan kompetensi staf akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keungan desa diterima. Hasil analisis regresi linier sederhana didapatkan persamaan Y=44,131+0,408X. Dari persamaan tersebut di ketahui koefisien regresi kompetensi staf akuntansi memiliki tanda yang positif, sehingga memiliki hubungan yang positif antara kompetensi staf akuntansi dan kualitas laporan keuangan desa di kecamatan Arosbaya kabupaten Bangkalan. Pada penelitian ini diketahui koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,143 yang artinya variabel kompetensi staf akuntansi mampu meningkatkan kualitas laporan keuangan desa dikecamatan Arosbaya kabupaten Bangkalan sebesar 14,3 %. Sedangkan sisanya kualitas laporan keuangan desa sebesar 85,7% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi kompetensi staf akuntansi mempunyai pengaruh positif dan signifikan dalam peningkatan kualitas laporan keuangan desa di kecamatan Arosbaya kabupaten Bangkalan, maka disarankan kepada instansi pemerintahan desa dalam peningkatan kompetensi staf akuntansi dalam penyajian laporan keuangan desa yang berkualitas menjadi sangat penting seiring dengan meningkatnya alokasi dana untuk desa dengan lebih memperhatikan instrumen-instrumen kompetensi melalui pendidikan khusus dan pelatihan guna memastikan keberhasilan pembangunan desa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulfiyah, Fififievy.shofie@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi
Manajemen Strategi
Manajemen Informasi
Keuangan
Uncontrolled Keywords: Akuntansi; laporan keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Sulfiyah Fifi
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:19
Last Modified: 25 Jul 2018 02:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25544

Actions (login required)

View Item View Item