Penerapan pendekatan Problem Posing dengan setting pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada sub pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bentuk Aljabar di SMP Sabilillah Sukodadi Lamongan

Rusdi, Rusdi (2009) Penerapan pendekatan Problem Posing dengan setting pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada sub pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bentuk Aljabar di SMP Sabilillah Sukodadi Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rusdi_D04205057.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25532

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab: Bagaimana aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran di kelas selama penerapan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) di SMP Sabilillah Sukodadi? Bagaimana keterampilan kooperatif siswa dalam penerapan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD di SMP Sabilillah Sukodadi? Bagaimana ketuntasan belajar siswa dalam penerapan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD di SMP Sabilillah Sukodadi? Bagaimana respon guru terhadap perangkat dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD di SMP Sabilillah Sukodadi? Bagaimana aktivitas siswa selama penerapan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD di SMP Sabilillah Sukodadi? Bagaimana respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD di SMP Sabilillah Sukodadi? Untuk menjawab pertanyaan ini dilakukan penelitian eksperimen semu dengan mengambil populasi di SMP Sabilillah Sukodadi-Lamongan kelas VIII, dengan sampel diambil dengan acak (Random Sampling) yaitu kelas VIII-I. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan pendekatan problem posing dengan setting kooperatif tipe STAD di kelas tersebut. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Aktivitas guru dalam mengelola kelas selama penerapan pendekatan problem posing dengan setting pembeljaran kooperatif Tipe STAD tergolong sangat baik,(2) Keterampilan kooperatif siswa dalam penerapan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD berada dalam kategori baik, (3) Ketuntasan belajar siswa dalam penerapan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD sudah tercapai, (4) Respon guru terhadap perangkat dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD adalah menunjukan respon positif, (5) Aktivitas siswa tergolong efektif dalam mengikuti pembelajaran, dan (6) Respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD menunjukan respon positif.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Jaenali, Abdulloh
Uncontrolled Keywords: Problem Posing; Kooperatif Tipe STAD
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:32
Last Modified: 23 Jul 2018 07:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25532

Actions (login required)

View Item View Item