الصيغ الصرفية ودلالاتها في الفعل في قصيدة التوسل بكتب الحديث للسيد محمد بن علوي المالكي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridhan, Muhammad Bahrur (2018) الصيغ الصرفية ودلالاتها في الفعل في قصيدة التوسل بكتب الحديث للسيد محمد بن علوي المالكي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Bahrur Ridhan_A91214100.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Shorof memiliki peran penting dalam bahasa Arab sehingga dari segi keilmuan tidak mungkin melepaskan sharaf dari ilmu bahasa yang lain. Seperti yang dikatakan oleh Ibnu Jinni: “Wajib bagi orang yang ingin mengetahui nahwu hemdaknya terlebih dahulu mengetahui shorof, karena untuk mengetahui sesuatu yang tetap hendaknya mengetahui perubahannya terlebih dahulu, sedangkan menurut Ahmad bin Ali: “Shorof adalah ibunya ilmu sedangkan nahwu ayahnya”. Oleh karena itu hendaklah kita menggunakan shighat shorof yang benar dalam berbahasa agar tidak menimbulkan kesalahan dan memudahkan dalam pemahaman. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti tentang shighat shorof, karena sangat berpengaruh dalam pemahaman makna kata atau kalimat dalam bentuk tulisan atau perkataan. Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan shighat shorof pada fi’il dalam “Qosidah At- Tawassul Bi Kutubil Hadits” Karya Sayyid Muhammad Bin Alwi Al Maliki. Dari latar belakang tersebut, munculah sebuah rumusan masalah yang menjadi acuan penelitian ini yaitu 1). Bagaimana bentuk shighat shorof dalam fi’il pada “Qosidah At- Tawassul Bi Kutubil Hadits” Karya Sayyid Muhammad Bin Alwi Al Maliki? 2). Bagaimana makna shighah shorof dalam “Qosidah At- Tawassul Bi Kutubil Hadits” Karya Sayyid Muhammad Bin Alwi Al Maliki?. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk shighat shorof dalam fi’il dan maknanya pada “Qosidah At- Tawassul Bi Kutubil Hadits” Karya Sayyid Muhammad Bin Alwi Al Maliki. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis, sebagaimana data yang diperoleh merupakan teks dalam “Qosidah At- Tawassul Bi Kutubil Hadits” Karya Sayyid Muhammad Bin Alwi Al Maliki dan sumber datanya adalah qosidah tersebut. Sehingga penelitian ini merupakan penelitian dokumentasi, Sedangkan metode pendekatan yang digunakan yaitu pembatasan data, mengklasifikasi data dan pemaparan serta analisis data dan diskusi. Dan hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwasanya dalam “Qosidah At- Tawassul Bi Kutubil Hadits” Karya Sayyid Muhammad Bin Alwi Al Maliki terdapat shighat shorof dalam fi’il sebanyak 37 kata dari 31 bait, yaitu pada bait ke 1, 2, 3, 4, 5, 8, 9, 11, 13, 15, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25,26, 27, 28, 29, 30.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridhan, Muhammad Bahrurbahrurridhan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Uncontrolled Keywords: Shighat Sharaf; Dalalah (Makna); Qosidah At Tawassul Bi Kutubil Hadits; Sayyid Muhammad Bin Alwi Al Maliki
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ridhan Muhammad Bahrur
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:35
Last Modified: 25 Jul 2018 06:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25528

Actions (login required)

View Item View Item