Pengembangan buku ajar Matematika berdasarkan tahap belajar teori Van Hiele pada pokok bahasan Jajargenjang dan Trapesium

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifah, Dian Nur (2011) Pengembangan buku ajar Matematika berdasarkan tahap belajar teori Van Hiele pada pokok bahasan Jajargenjang dan Trapesium. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dian Nur Hanifah_D04207041.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesalahfahaman dalam perancangan buku ajar yang lebih mengutamakan hasil dari pada proses perlu mendapat perhatian serius. Sebab, dari kesalahfahaman perancangan buku ajar dapat mengakibatkan seorang peserta didik tidak mampu memecahkan masalah dan mengambil keputusan yang tepat jika dihadapkan pada permasalahan matematika yang berbeda. Hal ini dikarenakan banyak buku ajar yang dirancang digunakan sebagai pedoman untuk dihafalkan. Untuk itu penulis mengembangkan buku ajar yang tidak hanya mengutamakan basil tetapi prosesnya juga. Buku ajar yang dimaksud adalah buku ajar matematika berdasarkan tahap belajar teori Van Hiele pada pokok bahasan jajargenjang dan trapesium. Pemilihan teori Van Hiele dikarenakan teori Van Hiele dirasakan telah memberi sumbangan yang berarti dalam pembelajaran geometri. Pengembangan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan buku ajar, kevalidan buku ajar, dan respon siswa terhadap buku ajar yang dikembangkan. Pengembangan buku ajar yang digunakan adalah model pengembangan 4-D Thiagarajan yang dibatasi sampai tahap pengembangan (develop). Subyek dalam penelitian ini adalah buku ajar matematika yang dikembangkan berdasarkan tahap belajar Teori Van Hiele sedangkan obyek dari penelitian ini adalah 15 siswa kelas VII MTs Miftahul Hikmah. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis data deskriptif kualitatif. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon siswa. Penelitian ini dijelaskan proses pengembangan buku ajar dari tahap pendefinisian (define) hingga tahap pengembangan (develop). Selain itu, hasil pengembangan buku ajar matematika yang dikembangkan berdasarkan tahap belajar teori Van Hiele telah memenuhi kriteria valid dengan rata-rata total validitas sebesar 3, 96 dan mendapat respon positif dari siswa dengan rata-rata persentase sebesar 86, 4%. Sehingga buku ajar matematika yang dikembangkan berdasarkan tahap belajar teori Van Hiele dapat digunakan sebagai altematif bahan pembelajaran di dalam dunia pendidikan pada saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifah, Dian Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Sumber Belajar
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar; Tahap Belajar Teori Van Biele; Model Pengembangan 4-D Thiagarajan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jul 2018 02:07
Last Modified: 23 Jul 2018 02:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25525

Actions (login required)

View Item View Item