Pengaruh rasio keuangan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan asuransi syariah di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pradani, Ira Ayu (2018) Pengaruh rasio keuangan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan asuransi syariah di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ira Ayu Pradani_G74214095.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan asuransi syariah di Indonesia tahun 2014-2016. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio likuiditas (current ratio), rasio solvabilitas (debt to equity ratio dan debt ratio) dan rasio profitabilitas (ROI, ROE, dan NPM). Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertumbuhan laba. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua jenis perusahaan asuransi syariah yang menjadi anggota Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI). Dengan menggunakan purposive sampling terdapat sebanyak 12 perusahaan dan 36 data yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Data ini berupa laporan keuangan tahunan syariah yang telah diaudit dan di publikasikan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan bantuan program Eviews. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa rasio likuiditas ( current ratio), rasio solvabilitas (debt to equity ratio dan debt ratio), dan rasio profitabilitas (ROE dan NPM) berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. Adapun rasio profitabilitas yaitu ROI tidak memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan laba perusahaan asuransi syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pradani, Ira Ayuira.ayu70@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Asuransi Islam
Ekonomi Islam
Keuangan
Uncontrolled Keywords: Rasio keuangan; likuiditas; solvabilitas; profitabilitas; pertumbuhan laba perusahaan asuransi syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Pradani Ira Ayu
Date Deposited: 23 Jul 2018 08:33
Last Modified: 23 Jul 2018 08:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25524

Actions (login required)

View Item View Item