Analisis efektivitas model-model penagihan terhadap penanganan pembiayaan bermasalah: studi kasus di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Menanggal Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qusniyah, Anisatul (2018) Analisis efektivitas model-model penagihan terhadap penanganan pembiayaan bermasalah: studi kasus di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Menanggal Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Anisatul Qusniyah_G94214162.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisi efektivitas model-model penagihan terhadap penanganan pembiayaan bermasalah di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera (MBS) Menanggal Surabaya” ini merupakan penelitian secara kualitatif yang menjawab pertanyaan dari model-model penagihan serta tingkat efektivitas dalam menangani pembiayaan bermasalah. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif. Metode Kualitatif yaitu pemecahan masalah yang aktual dengan jalan mengumpulkan data, menyusun, menganalisa dan menginterpretasikannya. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Deskriptif analitis yaitu teknik analisis data yang secara nyata digunakan dalam penelitian beserta alasan penggunaanya. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi terhadap pengurus dan karyawan KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Menanggal Surabaya. Hasil penelitian yang diperoleh adalah model-model penagihan dalam menangani pembiayaan bermasalah di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera adalah negosiasi dengan anggota, bekerjasama dengan pengacara, dan kotak penagihan. Sebelum melakukan model-model penagihan, pihak koperasi melakukan identifikasi, dan evaluasi terlebih dahulu setelah itu koperasi menerapkan model-model penagihan yang cocok bagi anggota yang bermasalah. Untuk mengukur efektivitas modle-modle penagihan dalam menangani pembiayaan bermasalah, berdasarkan ketentuan Peratutan Deputi No. 07/Per/Dep. 6/IV/2016 rasio pembiayaan berisiko tidak boleh melebihi 5%. Berdasarkan data penerapan model-model penagihan dari bulan januari 2017 sampai Desember 2017 mengalami naik turun dan tercatat mencapai 3,79%. Diharapkan untuk kedepannya penerapan model-model penagihan terus dikembangkan dan diterapkan secara istiqomah oleh pihak KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera sehingga bisa menangani pembiayaan bermasalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qusniyah, Anisatulniaanisa396@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Ekonomi Islam
Bisnis
Etika
Keywords: model—model penagihan; pembiayaan bermasalah; efektivitas penagihan
Divisions: Antologi
Depositing User: Qusniyah Anisatul
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:01
Last Modified: 23 Jul 2018 07:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25523

Actions (login required)

View Item View Item