Sejarah perkembangan pondok pesantren al-Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang Jawa Timur 1955-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahmy, Muhammad Faishal (2018) Sejarah perkembangan pondok pesantren al-Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang Jawa Timur 1955-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Faizal Fahmi_A02213065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam skripsi ini peneliti memberikan batasan permasalahan pada tiga hal, yaitu: (1). Bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqo? (2). Bagaimana Sejarah perkembangan Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqo? (3). Apa faktor pendukung dan penghambat Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqo?. Untuk menjawab pertanyaan di atas, metode yang digunakan adalah metode penulisan sejarah. Adapun langkah-langkah dalam penelitian ini adalah: Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber) dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis (sejarah), sosiologi. Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori peranan. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqo berdiri pada tahun 1955 yang didirikan oleh KH. Muhammad Ya’qub Husain di desa Bulurejo Diwek Jombang bertujuan untuk menyebarkan agama Islam dan mensejahterakan masyarakat. (2). Perkembangan Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqo yang telah dicapai terbagi menjadi tiga periode, yakni periode perintisan/pertama KH. Muhammad Ya’qub Husain, periode perkembangan/kedua KH. Muhammadu Ya’qub, periode perahlian/ketiga KH. Muhammad Qoyyim Ya’qub. (3). Faktor pendukung dan penghambat Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqo terbagi dalam dua faktor, yakni faktor internal yang berasal dari dalam Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqo dan faktor eksternal yang berasal dari luar Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahmy, Muhammad FaishalMfaishalfahmy@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Uncontrolled Keywords: Sejarah perkembangan; pondok pesantren al-Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fahmy Muhammad Faishal
Date Deposited: 31 Jul 2018 08:18
Last Modified: 31 Jul 2018 08:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25522

Actions (login required)

View Item View Item