Analisis Sadd al Dhari’ah terhadap pandangan tokoh NU, Muhammadiyah, dan MUI Kecamatan Wongsorejo tentang kawin hamil akibat zina di Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arrosyid, Moh. Kholil (2018) Analisis Sadd al Dhari’ah terhadap pandangan tokoh NU, Muhammadiyah, dan MUI Kecamatan Wongsorejo tentang kawin hamil akibat zina di Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moh. Kholil Arrosyid_C31213099.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menjawab dua masalah. Pertama, apa pendapat tokoh NU, Muhammadiyah, dan MUI kecamatan Wongsorejo tentang kawin hamil akibat zina di kec Wongsorejo. kedua, Bagaimana analisis sadd al-dhari’ah terhadap pendapat tokoh NU, Muhammadiyah dan MUI kecamatan Wongsorejo tentang kawin hamil akibat zina. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), karenanya data penelitian dihimpun melalui wawancara terhadap para tokoh NU, Muhammadiyah dan MUI kecamatan Wongsorejo. Kemudian data diolah dengan paparan deskriptif dan dianalisis. Teori yang digunakan untuk menganalisis pendapat tokoh NU, Muhammadiyah, dan MUI kec Wongsorejo adalah sadd al dhari’ah dengan diperkuat data-data yang diperoleh. Kemudian data diolah dengan paparan deskriptif dan dianalisis. Dari hasil penelitian tokoh NU, dan Muhammadiyah, sama-sama membolehkan pasangan zina untuk menikah dengan syarat; Pasangan zina tersebut sudah bertobat, dan berjanji tidak akan mengulangi dosa tersebut. Sedangkan pendapat tokoh MUI mencegah terjadinya perkawinan hamil akibat zina dengan alasan akan menimbulkan kemafsadatan di kemudian hari. Dan dari hasil analisis sadd al-dhari’ah terhadap pendapat tokoh NU, dan Muhammadiyah, dan MUI kecamatan Wongsorejo, yang meliputi unsur-unsur sadd al-dhari’ah, pembagian sadd al-dhari’ah menurut jenis kemafsadatan, dan kualitas kemafsadatan, maka perkawinan hamil akibat zina yang terjadi di kec Wongosrejo masih terdapat mafsadat. Maka dari itu, fenomena perkwinan hamil akibat zina di kecamatan Wongsorejo sudah seharusnya dicegah. Penulis menyarankan kepada semua elemen khususnya tokoh NU, Muhammadiyah, dan MUI kecamatan Wongsorejo dapat segera melakukan langkah pencegahan terhadap kehamilan akibat perzinaan, dengan melakukan bimbingan-bimbingan kepada generasi muda di kecamatan Wongsorejo akan dosa dan efek negatif dari perbuatan zina. Sehingga akan mengurangi angka perkawinan hamil akibat zina di kecamatan Wongsorejo karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arrosyid, Moh. Kholilkholilarrosyid@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Hukum Islam
Nikah
Uncontrolled Keywords: Sadd al Dhari’ah; kawin hamil; zina
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Arrosyid Moh Kholil
Date Deposited: 24 Jul 2018 04:06
Last Modified: 24 Jul 2018 04:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25521

Actions (login required)

View Item View Item