Manajemen Kepala Sekolah dalam memuaskan Stakeholder Pendidikan: studi multi-situs di MI Islamiyah Mulyoagung dan SDI al Hadad Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandi, Ahmad (2018) Manajemen Kepala Sekolah dalam memuaskan Stakeholder Pendidikan: studi multi-situs di MI Islamiyah Mulyoagung dan SDI al Hadad Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Afandi_F021015185.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen dalam sebuah lembaga pendidikan memiliki peran vital dalam menentukan perjalanan sebuah lembaga, baik dan buruknya pengelolaan lembaga sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan di lembaga tersebut, karena sebaik apapun sebuah lembaga pendidikan kalau tidak dikelola dengan profesional maka akan mengalami kegagalan. Pelaksanaan manajemen oleh kepala sekolah yang efektif dan efisien diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Lemahnya manajemen yang diterapkan di lembaga pendidikan berdampak pada efisiensi internal pendidikan yang terlihat dari jumlah peserta didik yang mengulang bahkan pada minimnya jumlah siswa yang ada dalam lembaga pendidikan itu sendiri. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana manajemen kepala sekolah di MI Islamiyah Mulyoagung dan SDI Al-Hadad Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban ?, (2) Bagaimana kepuasan stakeholder pendidikan di MI Islamiyah Mulyoagung dan SDI Al-Hadad Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Adapun data hasil dokumentasi dianalisis menggunakan teknik analisis validitas isi. Adapun data hasil wawancara dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen yang diterapkan oleh kepala sekolah MI Islamiyah Mulyoagung dan SDI Al-Hadad Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban dalam memanaj sekolah yang dipimpinnya adalah dengan menggunakan tiga jenis pola leadership yaitu pola otoriter, demokratis, dan situasional dengan melalui beberapa strategi yaitu pertama menyatukan langkah stakeholder sekolah. Kedua, pendekatan manajemen yang digunakan yaitu manajemen gried. Ketiga, menentukan rencana strategis sekolah. Keempat, mengoptimalkan promosi dan komunikasi 2) Kepuasan stakeholder ditandai dengan kemudahan para stakeholder untuk diajak bekerjasama dalam rangka meningkatkan mutu, dan kwalitas pendidikan serta sarana prasarana di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandi, Ahmadzick.afandi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Stakeholder Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afandi Ahmad
Date Deposited: 24 Jul 2018 08:09
Last Modified: 24 Jul 2018 08:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25519

Actions (login required)

View Item View Item