Pengaruh penerapan strategi pembelajaran Snow Balling terhadap keberhasilan belajar mata pelajaran Fiqih di MA Al Fitrah Mu'adalah Surabaya

Ikmal, Heppy (2011) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran Snow Balling terhadap keberhasilan belajar mata pelajaran Fiqih di MA Al Fitrah Mu'adalah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Heppy Ikmal_D54207028.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25497

Abstract

Suatu proses pembelajaran dapat berhasil jika didukung oleh pemilihan metode pembelajaran yang tepat, yang sesuai dengan karakteristik materi yang disampaikan dan juga adanya dukungan atau partisipasi dari siswa. Pembelajaran di kelas masih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab serta diskusi kelompok. Kegiatan pembelajaran tersebut menyebabkan aktivitas siswa masih rendah dan tidak termotivasi untuk mengeluarkan pendapat. Demikian pada saat diskusi kelompok hanya beberapa siswa saja yang aktif sedangkan siswa yang lain ramai dan berbicara dengan temannya. Salah satu pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pandangan kontruktivis adalah belajar bekerja sama. Belajar model ini mengunakan perilaku bersama dalam bekerja atau saling membantu di antara sesama dalam struktur kerja kelompok. Dewasa ini terdapat berbagai model pembelajaran kooperatif yang digunakan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan dapat meningkatkan keaktifan siswa karena siswa diibaratkan seperti bola salju yang menggelinding dari kelompok kecil menjadi kelompok yang lebih besar adalah snowballing. Penggunaan model pembelajaran snowballing mampu mengaktifkan siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran snow balling terhadap keberhasilan belajar pada mata pelajaran fiqih di MA Al Fitrah Mu'adalah Surabaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment), dengan mengambil kelas XI A sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa angket dan post test. Teknik analisis yang digunakan adalahformula mean dan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh yang kuat antara penerapan strategi pembelajaran snow balling terhadap keberhasilan belajar mata pelajaran fiqih, Hal ini terbukti dari yang diperoleh dengan menggunakan product moment dengan rata-rata 0,83. Bila dikonsultasikan dengan tabel signifikan 5% dan 1% maka dapat di lihat bahwa nilai "r" basil penelititn lebih besar dari nilai "r" yang terdapat tabel product moment dan apabila dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai "r" tingkat pengaruh startegi pembelajaran snow balling terhadap keberhasilan pembelajaran mata pelajaran fiqih terbukti kuat atau tinngi. Sebab nilai 0,83 hasil penelitian berada diantara perhitungan 0,70- 0,90 yang berarti kategori kuat atau tinggi.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Junaedi, Junaedi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Snow Balling
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2018 08:06
Last Modified: 18 Jul 2018 08:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25497

Actions (login required)

View Item View Item