Fenomena kecemasan istri TNI-AL yang sedang ditinggal tugas suami

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismanto, Kurniawan Hari (2009) Fenomena kecemasan istri TNI-AL yang sedang ditinggal tugas suami. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Kurniawan Hari Ismanto_B07205023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seorang perajurit TNI-AL memilki tugas yang sangat berat dalam mengatasi berbagai macam peristiwa yang mengganggu stabilitas dan keutuhan bangsa Indonesia tersebut diperlukan satuan kekuatan pertahanan dan keamanan. Tugas seorang ABRI bersama masyarakat adalah menjaga suasana aman dan terkendali. Sehingga anggota ABRI harus siap dan bersedia ditempatkan dimanapun diperlukan seorang prajurit harus rela mengorbankan jiwa dan raganya, sebagai seorang prajurit terkadang harus berpisah dengan keluarga tercinta demi melaksanakan tugasnya tersebut. Kepergian suami bagi istri prajurit merupakan hal yang tidak menyenangkan dikarenakan harus berpisah jauh dengan orang yang dicintai, akibat kepergian suami dalam jangka waktu yang lama dan kondisi dalam rumah tangga menyebabkan para istri mengalami fenomena kecemasan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena kecemasan yang dialami istri TNI-AL yang ditinggal tugas suami. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam metode ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif yang datanya berupa kata-kata atau narasi yang memungkinkan mengungkap segala hal yang tidak mungkin mampu ditunjukkan penelitian kuantitatif. Pada hasil penelitian ini peneliti mendapatkan data bahwa kecemasan istri TNI-Al timbul karena ketakutan akan sesuatu, ketakutan akan nasib suami, kondisi suami waktu di tempat dinas, sedangkan gejala yang ditimbulkan dari perasaan ketakutan tersebut diantaranya menunjukkan Gejala fisiologis yang dirasakan oleh para subyek diataranya tangan gemetaran, jantung berdebar­debar, berkeringat seluruh tubuh, tangan dan kaki lemas, muka pucat, kehilangan nafsu makan Gejala emosional subyek mengatakan merasa ketakutan, tidak berdaya, gugup, tegang, tidak dapat rileks, subyek juga memperlihatkan peka terhadap rangsangan, tidak sabar, mudah marah, menangis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismanto, Kurniawan Hari--UNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Kecemasan
Psikologi Sosial
Uncontrolled Keywords: Fenomena kecemasan; penyebab dan gejala kecemasan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2018 08:26
Last Modified: 17 Jul 2018 08:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25490

Actions (login required)

View Item View Item