Peranan orangtua dalam pengembangan perilaku keberagamaan pada anak prasekolah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utami, Sri (2011) Peranan orangtua dalam pengembangan perilaku keberagamaan pada anak prasekolah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sri Utami_B07207032.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berusaha mendiskripsikan dan menggambarkan serta menganalisa suatu kasus atau permasalahan secara menyeluruh dan mendalam. Skripsi ini berangkat dari sebuah kasus yang sering kali kita temui dalam lingkungan kehidupan bermasyarakat, khususnya para orangtua yang tidak memahami secara benar peranannya sebagai pendidik. Dalam hal ini adalah orangtua yang mempunyai anak prasekolah yang berada di desa Ardirejo, Kecamatan Sambeng Lamongan. Ada satu persoalan Fundamental yang dikaji dalam sekripsi ini, yaitu: Bagaimana peranan orangtua dalam pengembangan perilaku keberagamaan pada anak prasekolah di desa Ardirejo, kecamatan Sambeng, Lamongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan orangtua dalam pengembangan perilaku keberagamaan pada anak prasekolah tatkala menjadikan bekal untuk anak kedepan tetap berada dijalan agama Allah dan tidak mudah ter pengaruh terhadap faktor-faktor yang merusak kepribadiannya. Untuk menjawab permasalahan diatas , peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif diskriptif dengan mengguoakan pendekatan studi kasus. Data-data yang diperlukan untuk menggambarkan atau mendiskripsikan peranan orangtua dalam pengembangan perilaku keberagamaan pada anak prasekolah di desa Ardirejo, kecamatan Sambeng, Lamongan di peroleh dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, pengamatan berperan serta dan telaah dokumen. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam melakukan pengembangan perilaku keberagamaan anak prasekolah, orangtua memilki peranan sebagai pelindung, pembimbing, pengajar, dan pemberi contoh atau surritauladan bagi anak-anak mereka dengan ajaran agama agar anak dapat memiliki bekal kedepan tetap dijalan agama Allah SWT dan tidak mudah terpengaruh pada faktor-faktor yang dapat merusak kepribadiannya dan anak prasekolah lebih cenderung senang apabila ia mendapatkan contoh secara langsung atau orangtua ikut berperan serta. Selain itu dalam pengembangan perilaku keberagamaan pada anak prasekolah diperlukan kerja sama dan dukungan dari lingkungan baik itu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Hal ini dikarenakan ketiganya adalah lingkungan tempat anak tumbuh dan berkembang jadi tidak bisa dipisahkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utami, Sri--UNSPECIFIED
Subjects: Perilaku
Keluarga > Keluarga - Anak
Uncontrolled Keywords: Orangtua; perilaku keberagamaan; anak prasekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2018 08:02
Last Modified: 17 Jul 2018 08:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25489

Actions (login required)

View Item View Item