Penggunaan aplikasi Fake GPS pada mitra pengemudi PT Oke Jack Indonesia: studi analisa hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santoso, Yoga Adi, Yoga (2018) Penggunaan aplikasi Fake GPS pada mitra pengemudi PT Oke Jack Indonesia: studi analisa hukum Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Yoga Adi Santoso_C72214108.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) dengan obyek penelitian ialah PT Oke Jack Indonesia, dengan judul “Penggunaan Aplikasi Fake GPS pada Mitra Pengemudi PT Oke Jack Indonesia (Studi Analisa Hukum Islam)”. Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah yaitu: bagaimana perjanjian kemitraan antara mitra pengemudi dengan PT Oke Jack Indonesia dan Bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik penggunaan aplikasi Fake GPS pada Mitra Pengemudi PT Oke Jack Indonesia. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka yang kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dalam menjabarkan data tentang penggunaan aplikasi Fake GPS pada mitra pengemudi PT Oke Jack Indonesia. Selanjutnya data tersebut dianalisis dari perspektif hukum Islam dan hukum positif dengan teknik kualitatif dalam pola pikir deduktif, yaitu dengan meletakkan norma hukum Islam sebagai rujukan dalam menilai fakta-fakta khusus mengenai perjanjian kemitraaan dan penggunaan aplikasi Fake GPS pada Mitra Pengemudi PT Oke Jack Indonesia. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa perjanjian kemitraan antara Mitra Pengemudi dengan PT Oke Jack Indonesia dalam praktiknya tanpa ada paksaan, tanpa ada penipuan, dan tanpa ada kekhilafan namun di samping itu Mitra Pengemudi melakukan cidera janji dengan melanggar ketentuan peraturan perusahaan pada Pasal 1 Syarat dan Ketentuan menjadi Mitra Pengemudi yang menyatakan tidak membolehkan menggunakan aplikasi tambahan serupa Fake GPS. Menurut hukum Islam penggunaan aplikasi Fake GPS tergolong hal mubah yang mengandung kerusakan/mudharat yang mengantarkan kepada perbuatan dhalim sehingga penggunaan Fake GPS dihukumi perbuatan yang haram, dengan pertimbangan dikarenakan adanya hubungan perjanjian kemitraan antara Mitra Pengemudi dengan PT Oke Jack Indonesia yang di dalam perjanjian kerjasama terdapat peraturan perusahaan yang harus ditaati dan dijalankan oleh Mitra Pengemudi dan dilihat dari niat perbuatan Mitra Pengemudi yang menggunakan Fake GPS mulai awal sudah mengarah kepada hal yang mengandung mudharat dan dampak yang ditimbulkan merugikan sesama mitra pengemudi, customer, dan perusahaan. Searah dengan kesimpulan di atas, maka sebaiknya mitra pengemudi mentaati peraturan dan menjalankan perjanjian kemitraan sesuai dengan Standar Operational Procedure (SOP) perusahaan dan terkait penggunaan aplikasi Fake GPS lebih baiknya tidak dipergunakan lagi mengingat penggunaan aplikasi tersebut merugikan dan mendhalimi diri sendiri, mitra pengemudi lain, customer, dan perusahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santoso, Yoga Adi, Yogaputrayogaberdikari@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Perdata Islam
Muamalat Muamalah
Uncontrolled Keywords: GPS; Fake GPS; penipuan; kecurangan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Santoso Yoga Adi
Date Deposited: 19 Jul 2018 07:12
Last Modified: 19 Jul 2018 07:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25484

Actions (login required)

View Item View Item