Pengaruh penerapan E-System Perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Badan di KPP Pratama Surabaya Karangpilang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Assasiyatul (2018) Pengaruh penerapan E-System Perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Badan di KPP Pratama Surabaya Karangpilang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Assasiyatul Faizah_G92214028.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-system perpajakan yang meliputi e-Filing, e-SPT dan e-Faktur terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan di KPP Pratama Surabaya Karangpilang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak Badan yang terdaftar di KPP Pratama Surabaya Karangpilang. Ukuran sampel penelitian dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dan didapat sampel sebesar 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada Wajib Pajak Badan di KPP Pratama Surabaya Karangpilang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-system perpajakan yang meliputi e-Filing, e-SPT dan e-Faktur memiliki pengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan di KPP Pratama Surabaya Karangpilang. Nilai signifikan ditunjukkan dari nilai signifikan e-filing = 0,000, e-SPT = 0,000 dan e-Faktur = 0,001. Nilai signifikan pada uji simultan yaitu 0,000. Adanya e-system perpajakan lebih memudahkan Wajib Pajak Badan dalam memenuhi kewajiban perpajakannya sehingga membuat Wajib Pajak Badan semakin patuh. Diharapkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam usaha meningkatkan reformasi perpajakan dalam bentuk e-system ini menuju kearah yang lebih baik sehingga Kepatuhan Wajib Pajak dapat terealisasi sesuai target. Selain itu penggunaan teknologi informasi dalam perpajakan diharapkan meningkatkan pelayanan terhadap Wajib Pajak, baik dari kualitas maupun waktu sehingga lebih efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Assasiyatulassasiyatul.faizah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Perilaku
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: E-system perpajakan; e-filing; e-spt; e-faktur; kepatuhan wajib pajak badan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Faizah Assasiyatul
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:36
Last Modified: 18 Jul 2018 07:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25473

Actions (login required)

View Item View Item