Perbedaan tingkat kemandirian anak usia prasekolah yang diasuh ibu kandung dengan anak yang diasuh Baby Sitter

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Nurul (2011) Perbedaan tingkat kemandirian anak usia prasekolah yang diasuh ibu kandung dengan anak yang diasuh Baby Sitter. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurul Fitria_B37206006.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pennasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan tingkat kemandirian anak usia prasekolah yang diasuh ibu kandung dengan anak yang diasuh baby sitter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kemandirian anak usia prasekolah yang diasuh ibu kandung dengan anak yang diasuh baby sitter. Untuk mengungkapkan permasalahan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan jenis penelitian komparasi yakni penelitian yang ingin membandingkan dua atau tiga kejadian dengan melihat penyebabnya. Sampel (subyek) dalam penelitian ini berjumlah 60 anak yang merupakan sampel populasi dengan jumlah masing-masing untuk anak yang dia.suh ibu kandung sebanyak 35 anak dan 25 anak yang diasuh baby sitter yang data ini did.apatkan dari hasil jawaban responden terhadap angket keluarga yang berisi pertanyaan­ pertanyaan yang pada intinya untuk mengetahui ada atau tidaknya baby sitter dalam rangka pengasuhan anak. Hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan tingkat kemandirian anak usia prasekolah antara anak yang diasuh ibu kandung dengan anak yang diasuh baby siiter. Sedangkan hipotesis nihil (Ho) dalam penelitian adalah tidak ada perbedaan tingkat kemandirian anak usia prasekolah antara anak yang diasuh ibu kandung dengan anak yang diasuh baby siiter. Dari data yang diperoleh dengan menggunakan instrument skala kemandirian anak usia prasekolah yang dianalisis menggunakan rumus uji-t dua ' sampel saling bebas (Independent samples t-test) dengan bantuan program SPSS, diperoleh hasil perhitungan yaitu pada tabel independent sampels t-test terlihat t hitung dengan equal variance assumed (diasumsikan bahwa kedua varians adalah sama) adalah 0,012 dengan taraf signifikansi 0,991. Karena signifikansi > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi dari analisis yang telah dilakukan diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan tingkat kemandirian anak usia prasekolah yang diasuh ibukandung dan anak yang diasuh babysitter.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Nurul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Anak
Keluarga > Keluarga - Anak
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Anak Usia Prasekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Jul 2018 02:10
Last Modified: 16 Jul 2018 02:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25469

Actions (login required)

View Item View Item