Efektifitas metode Diskusi Kelompok dalam meningkatkan perilaku Asertif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Atika Rachma (2011) Efektifitas metode Diskusi Kelompok dalam meningkatkan perilaku Asertif. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Atika Rachma Dewi_B07206043.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana efektifitas metode diskusi kelompok dalam meningkatkan perilaku asertif siswa sebelum dan sesudah diberikan metode diskusi kelom pok. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas metode diskusi kelompok dalam meningktakan perilaku asertif siswa sebelum dan sesudah diberikan metode diskusi kelompok. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, maka dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Adapun desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan desain perlakuan ulang (one group pretest-post/est design). Data dari penelitian ini diperoleh dari skala perilaku asertif, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Uji-T Sampel Berpasangan (Paired Samples T­ Test). Berdasarkan basil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat perbedaan efektifitas metode diskusi kelompok dalam meningkatkan perilaku asertif siswa sebelum dan sesudah diberikan metode diskusi kelompok.. Hal ini terbukti dari data angket yang sudah dianalisa peneliti dengan menggunakan statistik Uji-T Sampel Berpasangan diperoleh t hitung sebesar = -2.421, berarti, t hitung lebih besar daripada t tabel (-2.241 > 2.042), maka terdapat perbedaan efektifitas metode diskusi kelompok dalam meningkatkan perilaku asertif siswa sebelum dan sesudah diberikan metode diskusi kelompok. Sedangkan dengan membandingkan taraf signifikansi diperoleh signifikansi sebesar 0.018 karena signifikansi lebih kecil dari pada 0,05 (0.018 < 0,05), maka terdapat perbedaan efektifitas metode diskusi kelompok dalam meningkatkan perilaku asertif siswa sebelum dan sesudah diberikan metode diskusi kelompok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Atika Rachma--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Diskusi Kelompok; Perilaku Asertif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2018 08:21
Last Modified: 12 Jul 2018 08:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25456

Actions (login required)

View Item View Item