Pemikiran hadis Shah Waliyullah al Dahlawi tentang metode pemahaman hadis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Fatichatus (2018) Pemikiran hadis Shah Waliyullah al Dahlawi tentang metode pemahaman hadis. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fatichatus Sa'diyah_F52916181.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Problem terkait pemahaman hadis Nabi merupakan persoalan yang urgen untuk dibahas. Hal demikian berangkat dari realitas hadis sebagai sumber kedua ajaran Islam setelah al-Qur’an yang dalam beberapa aspeknya berbeda dengan al-Qur’an. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan kajian tentang metode pemahaman hadis Shah Waliyullah al-Dahlawi. Dalam penelitian ini, akan diuraikan tentang metode pemahaman hadis berdasarkan dilalahnya dan metode pemahaman (syarah) hadis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan dengan kepustakaan. Sumber data dari kitab Hujjatullah al-Balighah dan al-Maswa karya Shah Waliyullah al-Dahlawi. Teknik analisis data dengan interpretasi, dan induksi-deduksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Secara epistemologis, metode pemahaman hadis menurut al-Dahlawi antara lain; pemahaman hadis berdasarkan peristilahannya (dengan mengetahui peristilahannya, maka dapat diketahui kandungan hukumnya, illat, rukun, dan syarat), penyelesaian hadis yang bertentangan, dan pemahaman hadis berdasarkan fakta sejarah. Secara epistemologis, metode pemahaman (syarah) hadis al-Dahlawi dalam kitab al-Maswa menggunakan metode ijmali. Secara ontologis, metode pemahaman hadis al-Dahlawi antara lain: hadis dipahami berdasarkan kedudukan Nabi yang terbagi menjadi dua bagian (tabligh dan ghayr al-tabligh), dan hadis juga dipahami berdasarkan rahasia yang terkandung di balik teks hadis. Secara ontologis, metode pemahaman (syarah) hadis al-Dahlawi diuraikan dalam Kitab al-Maswa. Kitab ini merupakan kitab terjemahan dari kitab al-Musaffa wa Musawwa Sharh Muwatta’ yang berbahasa Persia. Kitab tersebut banyak memberikan manfaat kepada masyarakat muslim India dan luar India. Pemikiran al-Dahlawi tersebut tentang metode pemahaman hadis memunculkan beberapa implikasi; Pertama, pemahaman hadis yang ditawarkan telah membuka peluang adanya pengembangan wawasan ulama setelahnya, di mana mereka menggunakan pendekatan yang sama seperti al-Dahlawi. Kedua, aplikasi dan contoh-contoh yang dipaparkan oleh al-Dahlawi banyak berkaitan dengan fiqh. Beliau adalah ulama yang berhasil mendamaikan antara hadis dan fiqh, yang mana pemikiran-pemikiran dari karya-karyanya ini menjadi jawaban atas pergolakan pemikiran dan mazhab yang terjadi pada masanya di India. Penggunaan metode ijmali dan pensyarahan yang ringkas dalam kitab al-Maswa adalah sebuah reaksi dari fenomena yang terjadi di lingkungannya; keterbelakangan umat Islam terhadap praktik keagamaannya, fenomena fanatisme antara sunni dan syiah, antara golongan mazhab dengan golongan mazhab yang lain yang kritis terjadi ketika masa al-Dahlawi. Dengan penggunaan metode ijmali dalam menyarahkan hadis, merupakan sebuah usaha al-Dahlawi untuk memperbaiki dan meluruskan praktik peribadatan umat Islam pada masanya khususnya, yakni, agar umat Islam ketika itu mudah memahami penjelasan-penjelasan ringkas yang disampaikan oleh al-Dahlawi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Fatichatusfaticha.sadiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemikiran
Hadis
Uncontrolled Keywords: Hadis; Pemikiran hadis; Shah Waliyullah al Dahlawi; metode pemahaman hadis
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Sa'diyah Fatichatus
Date Deposited: 13 Jul 2018 03:49
Last Modified: 13 Jul 2018 03:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25454

Actions (login required)

View Item View Item