Efektivitas permainan Lego dalam meningkatkan kreativitas anak usia prasekolah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Trisnawati, Dyah Ery (2010) Efektivitas permainan Lego dalam meningkatkan kreativitas anak usia prasekolah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dyah Ery Trisnawati_B37206002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan Lego dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Prasekolah. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK An-Nur Taman Sepanjang Sidoarjo, yang betjumlah 10 anak. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif serta pendekatan eksperimental, jenis desain penelitian one group pretest posttest design. lnstrumen pengumpul data melalui observasi, tes kreativitas, dan dokumentasi. Sehingga basil data dianalisis dengan menggunakan analisis uji Tanda (sign test) pada program SPSS I5.0 for windows. Hasil penelitian ini adalah nilai rata-rata sebelum lebih kecil dari nilai rata-rata sesudah diberikan permainan /ego yaitu 6.85 < 14,3 menyatakan adanya perubahan yang signifikan pada kreativitas anak TK An-Nur. Berdasarkan data pada kolom Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.002, atau siginifikansi < 0.05 (0.002< 0.05), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan permainan Lego dalam meningkatkan kreativitas anak usia prasekolah. Jadi dapat disimpulkan permainan Lego secara efektif dapat meningkatkan kreativitas anak TK An-Nur Taman Sepanjang Sidoarjo, terbukti. Berdasarkan basil penelitian, analisis data dan kesimpulan di atas maka peneliti ajukan saran-saran sebagai berikut: Lebih mampu mengembangkan penelitian ini dengan mengangkat permasalahan-permasalahan lain yang masih berkaitan dengan kreativitas dan perkembangan anak melalui kegiatan bermain, misalnya penelitian tentang pengaruh bermain Lego terhadap perkembangan intelligensi, emosi dan sosial anak. Dapat menambah waktu dalam penelitian eksperimen dan menambah permainan serta mengambil subyek yang Iebih banyak dan bervariasi, misalnya penelitian dengan subyek anak-anak berbakat. Sehingga basil penelitiannya pun dapat menjadi lebih baik dan lebih maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Trisnawati, Dyah EryUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Psikologi > Psikologi Anak
Psikologi Belajar
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; permainan Lego; kreativitas anak usia prasekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2018 07:26
Last Modified: 12 Jul 2018 07:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25453

Actions (login required)

View Item View Item